Virus Corona Varian India Terdeteksi, Melbourne Kembali Lockdown 7 Hari
AP Photo
Dunia

Selama 7 hari ke depan, warga Victoria diminta untuk tetap berada di rumah. Mereka hanya diperbolehkan keluar untuk alasan tertentu termasuk belanja, olahraga, dan vaksinasi.

WowKeren - Negara bagian terpadat kedua di Australia, Victoria, akan kembali memberlakukan lockdown selama tujuh hari untuk melawan wabah yang menyebar dengan cepat di ibukotanya, Melbourne. Adapun kebijakan ini akan berlaku efektif mulai Kamis (27/4) tengah malam (14:00 GMT).

Sejauh ini, pemerintah setempat mencatat 26 kasus dan melakukan identifikasi pada 150 situs di mana orang mungkin terpapar virus. Penjabat Perdana Menteri Victoria James Merlino mengatakan wabah itu melibatkan jenis virus yang sangat menular, varian B.1.617.

Seorang pelancong yang baru saja kembali telah terinfeksi virus tersebut, yang menurut Merlino menyebar lebih cepat. Kasus serupa telah ditemukan di seluruh negara bagian dan terkait ke sejumlah besar tempat, termasuk pertandingan sepak bola di stadion di Melbourne.

Oleh sebab itu, Merlino mengatakan wilayahnya perlu mengambil langkah yang cepat dan tepat. "Dengan 10.000 kasus kontak primer dan sekunder, dengan lebih dari 150 lokasi paparan di sekitar negara bagian Victoria, kami perlu bertindak sekarang," ujarnya.


Meski hanya 26 kasus, yang mana jumlah ini sangat rendah jika dibandingkan dengan berapa banyak negara lain di dunia mencatat kasus mereka, namun ada sejumlah faktor yang cukup mengkhawatirkan. Ada 10.000 kontak primer dan sekunder. Itu artinya, ada potensi besar jumlah kasus akan meningkat di tengah masyarakat.

Lingkaran daerah yang terpapar juga telah melebar termasuk ke kawasan Victoria. Terlebih lagi hingga kini belum cukup banyak orang yang telah divaksinasi.

Selama 7 hari ke depan, warga Victoria diminta untuk tetap berada di rumah. Mereka hanya diperbolehkan keluar untuk alasan tertentu seperti melakukan pekerjaan esensial, belanja, olahraga, melakukan tugas perawat, dan vaksinasi. Pertemuan apapun itu tidak diizinkan dan perjalanan dibatasi hanya sejauh 5 km dari rumah.

Sekolah akan ditutup kecuali untuk tempat penitipan anak dan taman kanak-kanak akan tetap dibuka. Tempat ibadah juga akan ditutup. Sementara itu, negara bagian Australia lainnya diharapkan membatasi pergerakan dari Victoria.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait