Ini Kata Ulama Soal Rizki DA Talak Nadya Mustika Karena Desakan Orangtua: Boleh Saja
Instagram/jossphotograph_
Selebriti

Ustaz Lukman Sayadi ikut menanggapi kehebohan Rizki DA yang mengaku menalak Nadya Mustika karena desakan mertuanya. Ia mencoba menjelaskan bagaimana Islam memandang hal ini.

WowKeren - Pengakuan Rizki Syafaruddin yang menalak cerai istrinya, Nadya Mustika Rahayu menggegerkan publik. Terlebih, Rizki menjatuhkan talak pada Nadya di usia pernikahan mereka yang baru terhitung satu bulan.

Mengejutkannya, keputusan Rizki untuk menalak cerai Nadya ini karena desakan dari pihak keluarga sang istri. Lantas bagaimana pandangan secara Islam? Apakah diperbolehkan orangtua meminta anaknya untuk ditalak sang suami?

Ustaz Lukman Sayadi mengatakan bahwa sebenarnya talak diperbolehkan sekaligus dibenci oleh Allah. Ia menjelaskan hukumnya seorang suami yang menjatuhkan talak kepada sang istri.

"Talak itu dalam pandangan Islam sesuatu yang dibolehkan dan dihalalkan tapi dibenci Allah SWT sesuai sabda Rasulullah SAW," ungkap Ustaz Lukman. "Ada talak satu sampai tiga, itu talak yang pertama kali dijatuhkan dari suami yang sah. Kalau sudah talak tiga nggak boleh suami kembali ke istrinya. Bisa saja kalau talak satu bisa langsung bilang talak tiga sekalian."


Ustaz Lukman menyebut jika suami sudah menjatuhi talak sampai tiga kali, maka ia tidak bisa kembali lagi dengan sang istri. Bisa saja rujuk, namun sang istri harus menikah terlebih dahulu dengan lelaki lain.

"Ini sama istrinya tak dapat rujuk kembali kecuali istri menikah dengan lelaki lain. Itulah talak satu, dua dan tiga. Kalau sudah talak tak perlu posting di media karena talak perbuatan yang dibenci Allah," sambungnya. "Ada satu keterangan, kalau istri ditalak suaminya itu berguncang haras Allah karena kasih sayang keduanya terputus."

Ustaz Lukman juga mengatakan bahwa seorang istri maupun keluarga istri diperbolehkan untuk menggugat cerai suaminya secara langsung. Jadi yang dilakukan oleh keluarga Nadya tersebut bukanlah hal baru dan dilarang.

"Istri boleh meminta suaminya mentalak dirinya. Boleh dari istri atau keluarga istri menggugat cerai suaminya dan talak solusi terakhir rumah tangga dan keluarga yang dipersulit untuk bisa disatukan kembali karena tak ada kecocokan," pungkasnya.

Diketahui, Rizki DA dan Nadya Mustika menikah pada 17 Juli 2020 silam. Dalam pengakuannya, Rizki mengatakan telah menalak cerai istrinya pada 22 Agustus 2020, yang artinya keduanya hanya menikah sebulan.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru