Alfin Faiz-Larissa Chou Berakhir Cerai, Psikolog Bahas Masalah yang Rentan Dihadapi Pasangan Muda
Instagram/alvin_411
Selebriti

Rumah tangga Muhammad Alvin Faiz dan Larissa Chou akhirnya tak bisa terselematkan. Psikolog pun mencoba menjelaskan sejumlah masalah yang rentan terjadi pada pasangan muda.

WowKeren - Sempat dielukan hingga dikagumi masyarakat Tanah Air, pernikahan Muhammad Alvin Faiz dan Larissa Chou akhirnya berujung dengan perceraian. Setelah 5 tahun membina rumah tangga, pasangan yang menikah di usia dini itu akhirnya menyerah pada perpisahan. Psikolog Intan Erlita pun coba menjelaskan pandangan soal nikah muda yang memang rentan dengan perceraian.

Intan pun tak sepenuhnya membantah stereotip tentang nikah muda. Tapi menurut Intan, hal itu juga bergantung pada karakter seseorang.

"Jadi kita harus pahami dulu nih, usia mudanya usia berapa gitu ya. Terus apakah usia muda itu rentan dengan perceraian? Balik lagi ke karakter orangnya. Jadi kita nggak bisa bilang nikah muda itu rentan perceraian dan berujung perceraian. Nyatanya ada juga yang nikah muda namun mereka langgeng gitu ya sampai tua," jelas Intan dalam "Insert" baru-baru ini.

Menurut Intan, pernikahan memang harus dilandasi dengan berbagai kesiapan, bukan hanya mengandalkan rasa cinta atau kasih sayang. Hal itu lah yang selama ini banyak dihiraukan oleh pasangan muda.


"Pernikahan itu bukan hanya sekedar rasa cinta, rasa sayang, rasa ingin memiliki, itu yang perlu dipahami. Ada hal-hal lain yang harus dipikirkan, terutama kesiapan secara mental, itu penting banget. Jadi bukan hanya kesiapan fisik aja tapi mental juga harus siap, ini yang harus jadi pertimbangan," ungkapnya.

"Karena pada saat masuk dunia pernikahan, ceritanya nggak seindah dongeng ya, ada masalahnya, ada ujiannya. Nah di sinilah kelihatan mana yang secara mental dia sudah kuat dan mana yang secara mental tidak bisa mengatasi permasalah dalam rumah tangga," sambung Intan.

Menurut Intan, kasus perceraian yang dialami pasangan muda adalah karena ketidakstabilan emosi mereka. Akibatnya, saat menghadapi masalah dan tidak menemukan kecocokan, pasangan tersebut lebih mudah mengucap kata perpisahan.

"Kenapa banyak yang bercerai di usia muda, karena secara emosi mereka masih belum stabil, kebanyakan ya, walaupun ada yang udah stabil. Nah yang belum stabil ini lah yang akhirnya ketika sudah menikah, menemukan suatu masalah, nggak menemukan kecocokan, mudah sekali mengatakan bercerai," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru