Momiji Nishiya Sabet Medali Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun, Jadi Pemenang Termuda Dunia?
Instagram/olympics
Dunia
Kontroversi Olimpiade Tokyo

Momiji Nishiya, seorang atlet remaja Jepang yang baru berusia 13 tahun, sukses merebut medali emas dalam kompetisi skateboard jalanan wanita pertama di Olimpiade Tokyo.

WowKeren - Setelah sempat ditunda selama satu tahun akibat pandemi COVID-19, Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya digelar mulai 23 Juli 2021 lalu. Kompetisi skateboard pun digelar untuk pertama kalinya dalam Olimpiade tahun ini.

Momiji Nishiya, seorang atlet remaja Jepang yang baru berusia 13 tahun, sukses merebut medali emas dalam kompetisi skateboard jalanan wanita. Nishiya kini menjadi pemenang medali emas Olimpiade termuda di Jepang. Nishiya juga menjadi pemenang medali emas Olimpiade termuda kedua di dunia, ia hanya lebih tua 62 hari dibanding atlet Amerika Serikat (AS) Marjorie Gestring saat memenangkan medali emas di cabor menyelam pada tahun 1936 lalu.

Adapun medali perak skateboarding jalanan wanita berhasil diraih oleh atlet asal Brasil, Rayssa Leal. Namun Jepang juga mengamankan medali perunggu yang diraih oleh Funa Nakayama.

"Saya meneteskan air mata karena saya sangat bahagia," tutur Nishiya kala menggambarkan momen dirinya sadar telah berhasil memenangkan medali emas di Olimpiade.


Nishiya mengaku awalnya merasa stres karena sempat tersandung dan kehilangan pendaratan kunci pada dua trik pertamanya. Namun ia berhasil mencetak 4,15; 4,66; dan 3,43 di tiga trik terakhirnya dan selesai dengan skor 15,26. Nishiya berhasil mengungguli Leal yang juga baru berusia 13 tahun dan meraih medali emas.

Sementara itu, Nakayama yang meraih medali perunggu mengatakan dia berharap keberhasilan pemain skateboard Jepang akan mendorong lebih banyak wanita muda untuk turut berpartisipasi dalam olahraga tersebut. Nakayama sendiri biasa naik bus malam dari Toyama ke Tokyo hanya untuk berlatih skateboard.

"Saya ingin lebih banyak saingan, yang akan membuat skating lebih menyenangkan," ungkapnya.

Atlet asal Amerika Serikat, Alexis Sablone, menduduki posisi keempat. Wanita berusia 34 tahun tersebut gagal meraih medali kali ini.

Diikuti oleh Roos Zwetsloot dari Belanda, Zeng Wenhui dari China, Margielyn Didal dari Filipina dan Aori Nishimura dari Jepang. Zwetsloot, Zeng, Didal and Nishimura diketahui terjatuh di tiga upaya terakhir mereka selama bagian trik.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts