Jelang Perilisan Album Baru, Iwan Fals Luncurkan Single '16/01' Gandeng Sandrayati Fay
Instagram/iwanfals
Musik

Iwan Fals baru saja meluncurkan karya terbaru berupa sebuah single berjudul '16/01', berkolaborasi dengan Sandrayati fay. Single tersebut dirilis sebagai pembuka album terbarunya.

WowKeren - Musisi senior Iwan Fals kembali dengan merilis single terbaru berjudul "16/01". Lagu tersebut dirilis sebagai pembuka dari album baru yang akan dikeluarkan Iwan Fals pada September 2021 mendatang. Dalam 16/01, Iwan Fals turut menggandeng perempuan asal Bali bernama Sandrayati Fay.

Seperti lagu-lagu Iwan Fals sebelumnya, "16/01:" memiliki lirik naratif. Dalam lagu itu, Iwan Fals bercerita mengenai berbagai permasalahan dan problem di dunia yang lahir karena pandemi Covid-19.

"Ini cuman sebagian-sebagian penggalan yang saya catat saja. Saya juga nggak tahu ini tentang apa, tapi saya harus menulis lagu, saya harus survive untuk hidup. Kemudian ada ini dan itu, saya hanya bagian kecil dari itu saya. Intinya cinta, bahasa cinta kan macam-macam," ujar Iwan Fals dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Jumat (30/7) kemarin.

Di akhir lagu, Sandrayati Fay juga menambahkan sebait lirik yang merupakan pengingat untuk tetap menjaga kewarasan di tengah berbagai isu yang terjadi, termasuk adanya pandemi Covid-19.


Sandrayati Fay menambahkan jika "16/10" merupakan potret dari apa yang terjadi belakangan. Liriknya pun bagaikan percakapan sehari-hari yang dituliskan secara harfiah tanpa banyak kiasan dan metafora.

"Seperti ada jendela ke dalam kehidupan yang memang kesehatian. Ini jujur saja, jadi sangat gampang untuk relate ke (lagu) itu," ungkap Sandrayati.

Sementara itu, "16/01" dipilih Iwan Fals sebagai judul karena menandakan dimulai dan diakhirinya penulisan lagu tersebut. Lagu itu mulai ditulis pada 16 November 2020 dan selesai di 1 Juni 2021.

Di akhir lagu, Iwan Fals dan Sandrayati Fay juga mengajak publik untuk memandang berbagai permasalahan, terutama masa pandemi dengan sudut pandang yang lebih optimis.

"Ya harus dong (optimis), cuman kan saya, ayok sama-sama kita bangun ini hidup kita bareng, harus kita selesaikan sama-sama. Ya, kalau optimis tuh. Saya merasa musik itu jadi obat buat saya. Kalau saya ambil gitar, rasanya tenang, rasanya damai," pungkas Iwan Fals.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts