Birthday Spotlight: Happy Mark Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Mark NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-22 (23 tahun menurut perhitungan Korea) pada 2 Agustus lalu.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Mark Lee NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-22 (23 tahun menurut perhitungan Korea) pada 2 Agustus lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keenam yang dirayakan pemilik nama Korea Lee Minhyung itu sejak debutnya.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Pada 2012, Mark bergabung dengan SM Entertainment setelah lulus SM Global Audition di Kanada pada 2010. Ia diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies, tim pelatihan pra-debut yang dikelola oleh SM Entertainment, pada bulan Desember tahun berikutnya.

Pada 2014, Mark tampil sebagai bagian dari program SM Rookies di "EXO 90:2014", sebuah acara TV yang dibintangi oleh rekan satu agensinya, EXO. Di acara ini, ia membawakan lagu dan me-remake video musik dari idol K-pop tahun 90-an yang terkenal.

Mark juga tampil di Disney Channel Korea "The Mickey Mouse Club" sebagai Mouseketeer bersama member SM Rookies lainnya pada 2015. Acara tersebut dipandu oleh Leeteuk Super Junior dan ditayangkan dari 23 Juli hingga 17 Desember 2015.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Pada April 2016, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Mark dan empat member SM Rookies lainnya yaitu Taeyong, Doyoung, Ten, dan Jaehyun akan debut sebagai member subgrup pertama NCT, NCT U. Mereka merilis single digital pertama pada 9 April yang berjudul "The 7th Sense" di mana Mark dan Taeyong berpartisipasi dalam penulisan lagu.

Tiga bulan kemudian, SM mengumumkan bahwa Mark akan menjadi member subgrup kedua NCT, NCT 127, bersama dengan Taeyong, Taeil NCT, Yuta, Jaehyun, Winwin, dan Haechan. NCT 127 membuat debut resmi mereka dengan album mini NCT #127 dan lagu utama "Fire Truck" pada 10 Juli 2016.

Mark bergabung dengan subgrup ketiga NCT, NCT Dream yang terdiri dari dirinya bersama Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle dan Jisung. Grup ini resmi debut pada 24 Agustus 2016 dengan single "Chewing Gum". Bulan berikutnya, Mark tampil di "Going Through Your Heart" Henry Lau, sebuah soundtrack untuk drama KBS, "Sweet Stranger and Me". Ini menandai solo pertamanya sejak debut di NCT.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
SM Entertainment

Pada 2019, NCT 127 menjalani tur konser pertama mereka, "Neo City - The Origin" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia. Di tahun yang sama, mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group dan Caroline Distribution untuk kegiatan promosi NCT 127 di Amerika Serikat. NCT 127 juga merilis album "Neo Zone" serta album repackage berjudul "Neo Zone: The Final Round", masing-masing dengan title track berjudul "Kick It" dan "Punch". Kedua album ini mengantarkan grup tersebut meraih predikat million seller.

Pada 10 Mei, NCT Dream merilis album studio pertama mereka, "Hot Sauce" yang menampilkan tujuh anggota asli dari unit tersebut. Album ini terdiri dari sepuluh lagu termasuk judul lagu dengan nama yang sama. Pre-order untuk album ini melampaui 1.716.571 copy, memecahkan rekor mereka sebelumnya untuk "Reload" dengan peningkatan 243%. Album ini menduduki puncak Gaon Album Chart dan "Hot Sauce" menjadi single pertama mereka yang menduduki nomor satu di Gaon Digital Chart. Pada 26 Mei, mereka mendapatkan gelar "double million seller" karena album tersebut terjual lebih dari 2 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Pada Januari 2017, Mark bergabung dengan "High School Rapper", sebuah acara reality show hip hop survival yang ditayangkan Mnet. Dia maju ke final dan menampilkan lagu "Drop" bersama rekan satu label, Seulgi Red Velvet, dan menempati posisi ke-7 secara keseluruhan. Pada Juli 2017, Mark berkolaborasi dengan Xiumin EXO untuk single "Young & Free".

Pada bulan yang sama, Mark muncul di musim pertama variety show musik "Snowball Project". Dia bekerja sama dengan Parc Jae Jung untuk merilis "Lemonade Love" pada 21 Juli 2017, juga melalui SM Station, yang diproduksi oleh Henry Lau dan Yoon Jong Shin.

Mulai Februari 2018, Mark menjabat sebagai salah satu pembawa acara program musik "Show! Music Core" dan mengundurkan diri pada Januari 2019 untuk fokus pada aktivitas bersama NCT 127. Pada Mei 2018, ia menjadi cast tetap di realiy show MBC, "It's Dangerous Beyond The Blankets". Pada Oktober 2018, Mark merilis lagu "Dream Me" bersama Joy Red Velvet untuk soundtrack drama KBS "The Ghost Detective".

Pada 7 Agustus 2019, Mark dikonfirmasi sebagai member SuperM yang dibentuk oleh SM Entertainment bekerja sama dengan Capitol Records. Grup ini mulai berativitas pada Oktober 2019 di pasar musik Amerika. Mark terus berpromosi dengan SuperM sepanjang tahun 2020 melalui perilisan album full album pertama grup tersebut, "Super One".

Pada 14 April 2020, SM Entertainment mengumumkan melalui pernyataan resmi bahwa Mark akan bergabung kembali dengan NCT Dream, dengan demikian menghapus konsep kelulusan berdasarkan usia yang awalnya ditetapkan untuk mereka. Kepulangannya ditegaskan melalui perilisan lagu "Déjà Vu" yang dinyanyikan oleh ketujuh member.

5. Kontroversi


Kontroversi
SM Entertainment

Sepanjang lebih dari lima tahun kariernya, Mark jauh dari kontroversi. Penyanyi kelahiran 1999 tersebut dikenal memiliki perilaku yang baik dan tak pernah menjadi sorotan atas rumor maupun gosip tak sedap. Mark juga tak pernah kedapatan berkencan atau menjalin hubungan asmara secara diam-diam hingga saat ini.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
SM Entertainment

Mark dipastikan masih akan tetap beraktivitas bersama NCT 127, yang beberapa waktu lalu tampil di "Analog Trip 2." Mark juga masih tercatat sebagai member aktif NCT Dream, yang aktvitasnya semakin ditunggu seiring dengan semakin bertambahnya popularitas mereka.

Berita terbaru menyatakan kalau NCT 127 akan segera comeback dengan album baru pada September 2021. Ini akan menjadi comeback pertama mereka sejeak 2020 di mana boy grup tersebut merilis full album "Neo Zone" serta versi repackage-nya, "Neo Zone: The Final Round".

You can share this post!

Related Posts