Nama Vicki Zhao Mendadak Hilang dari Internet Tiongkok, Kedekatan dengan Bos Alibaba Disorot
Selebriti

Tidak diketahui apakah tindakan ini adalah insiden tunggal, atau bagian dari tindakan keras otoritas yang lebih luas terhadap selebriti yang dianggap berperilaku tidak baik.

WowKeren - Nama aktris kenamaan asal Negeri Tirai Bambu Vicki Zhao tentu sudah tak asing lagi di antara pemirsa Tanah Air. Kekinian, dilaporkan bahwa nama aktris "My Fair Princess" itu mendadak hilang dari internet Tiongkok.

Aktris yang memiliki nama Zhao Wei, telah dihapus dari kredit semua acara TV dan film yang dia perankan dan sutradarai, sebagaimana dilaporkan AFP. Pencarian untuk namanya di situs streaming video Tiongkok juga telah disensor.

Forum "topik super" di Weibo yang didedikasikan untuk aktris tersebut juga ditutup. Forum tersebut memiliki lebih dari 210.000 penggemar sebelum ditutup, menurut Stasiun Siaran Tianjin. Perubahan ini diketahui sejak Kamis (26/8) malam.

Rekan aktor Huang Xiaoming, yang merupakan teman dekat Zhao, juga diketahui telah berhenti mengikutinya di Weibo. Aktris Yang Zi juga telah menghapus semua penyebutan Zhao di media sosialnya.


Tidak diketahui apakah tindakan ini adalah insiden tunggal, atau bagian dari tindakan keras otoritas yang lebih luas terhadap selebriti yang dianggap "berperilaku tidak baik" atau bahkan terkait dengan upaya Tiongkok untuk mengurangi ketidaksetaraan dalam kampanyenya untuk "kemakmuran bersama".

Di tengah kurangnya kejelasan karena tidak ada alasan resmi terkait hilangnya Zhao dari web, beragam spekulasi liar pun berkembang di dunia maya. Mereka membahas hubungannya dengan Zhang Zhehan, seorang aktor yang sebelumnya membuat marah publik ketika mengunjungi Kuil Yasukuni, yang dilihat oleh orang Tiongkok sebagai simbol militerisme masa lalu Jepang.

Hubungan masa lalu Zhao dengan selebriti lain yang diliputi skandal juga digali, termasuk dengan aktor Taiwan Leon Dai, yang dituduh mendukung kemerdekaan Taiwan. Begitu juga dengan model Jepang-Amerika Kiko Mizukara, yang pernah membuat marah pengguna internet Tiongkok ketika diduga berpose dengan bendera Matahari Terbit Jepang.

Netizen berspekulasi bahwa Zhao mungkin harus berurusan dengan pihak berwenang karena hubungannya dengan tokoh-tokoh ini yang "menghina martabat negara". Persahabatan Zhao dengan pendiri Alibaba Jack Ma juga disorot, mengingat pertikaian dengan pihak berwenang baru-baru ini, sebagaimana dilaporkan DW News.

Bloomberg melaporkan bahwa Zhao telah mengumpulkan kekayaan melalui investasi yang mencakup saham awal di Alibaba Pictures Group. Selain itu, suami Zhao, Huang Youlong adalah pengusaha telah bermitra dengan Ma.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel