Kata BKSDA Soal Fenomena Ratusan Burung Pipit Jatuh ke Tanah di Bali
Instagram/balibroadcast
SerbaSerbi

Berdasarkan keterangan, video ratusan burung pipit yang berserakan di tanah tersebut diambil di wilayah Banjar Sema Pring, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Kamis (9/9) pagi.

WowKeren - Warga Bali dikejutkan oleh fenomena ratusan burung pipit yang jatuh ke tanah di Kabupaten Gianyar. Berdasarkan keterangan, video ratusan burung pipit yang berserakan di tanah tersebut diambil di wilayah Banjar Sema Pring, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Kamis (9/9) pagi.

Salah satu akun yang membagikan video tersebut adalah akun Instagram @balibroadcast. Dalam keterangannya, fenomena tersebut diduga imbas hujan dan angin yang membuat sayap burung-burung tersebut menjadi basah.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) pun turut angkat bicara mengenai fenomena tersebut. Menurut Kasubag Tata Usaha BKSDA Bali, Prawono Meruanto, fenomena tersebut baru pertama kali terjadi di wilayahnya.

"Jadi, sebuah hal yang aneh juga kalau melihat kondisi burung- burung seperti itu (berjatuhan). Artinya, kita tidak tahu, (apa) jatuh langsung, kita juga tidak tahu. Ini baru pertama yang saya ketahui," tutur Prawono dilansir Kompas.com pada Jumat (10/9).


Pihak BKSDA pun akan menerjunkan tim untuk mengidentifikasi dan mencari tahu penyebab fenomena tersebut. "Mungkin dengan sebab-sebab lain yang kita tidak ketahui sebelumnya. Nanti mungkin teman-teman akan mencoba ke lapangan untuk melihat kondisi dan keadaan yang terjadi di lapangan," tuturnya.

Prawono sendiri menduga fenomena tersebut disebabkan oleh kejadian alam, salah satunya adalah hujan dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Meski demikian, ia masih belum bisa memastikan penyebab utama fenomena tersebut.

"Tapi kalau kita bicara kondisi dan kejadian alam, bisa dikatakan mungkin waktu hujan itu mengandung asam yang cukup tinggi. Sehingga mengakibatkan burung-burung berjatuhan, bisa saja seperti itu," pungkasnya.

Di sisi lain, video viral ini menuai beragam komentar di media sosial. Beberapa netizen bahkan menyebut-nyebut chemtrails sebagai pemicu jatuhnya ratusan burung pipit tersebut.

"Apakah ada kaitan dngn bnyaknya pesawat jet yg disebut chamtrails melintas di bali akhir” ini,?" tulis akun @su***97. "Jelas ini karena chemtrails," tambah akun @ay***05.

"Mohon dijaga dulu supaya tidak ada binatang lain yg memangsa," komentar akun @as***ro. "Kok serem gtu ya takut deh," timpal akun @wi***87.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts