Hadiri Pertemuan PBB, Menteri Kesehatan Brasil Positif COVID-19
Dunia
Pandemi Virus Corona

Brasil mengatakan jika Marcelo Queiroga bukan satu-satunya, ia adalah anggota kedua dari rombongan presiden yang dites positif terkena virus tersebut sejak tiba di New York.

WowKeren - Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga dinyatakan positif COVID-19 setelah menghadiri Majelis Umum PBB (UNGA) di New York. Hal itu disampaikan oleh pemerintah Brasil pada hari Selasa (21/9).

Queiroga sendiri sebelumnya telah menerima suntikan vaksin. Brasil mengatakan jika Queiroga bukan satu-satunya, ia adalah anggota kedua dari rombongan presiden yang dites positif terkena virus tersebut sejak tiba di New York untuk sesi ke-76 dari pertemuan tahunan PBB.

Diketahui dalam pertemuan tersebut, Presiden Jair Bolsonaro adalah pemimpin dunia pertama yang berbicara. Pemerintah Brasil memastikan bahwa anggota delegasi lainnya bebas COVID-19. "Anggota delegasi lainnya telah diuji dan negatif," kata mereka melalui siaran pers resmi.

Sementara itu, Bolsonaro sendiri pernah terinfeksi virus corona. Kendati demikian, pemimpin kontroversial ini bersikeras untuk tidak divaksin. Ia bersikeras bahwa dia masih memiliki antibodi dari infeksi virus corona sebelumnya. Tentu saja, ia telah menolak seruan agar pejabat PBB meminta bukti vaksinasi untuk menghadiri acara tersebut secara langsung.


Hingga kemudian PBB memutuskan untuk menggunakan sistem kehormatan untuk vaksinasi. Dengan ketentuan ini, PBB tidak melarang pemimpin dunia yang enggan divaksin untuk masuk.

Sementara itu, pejabat lokal New York menyuarakan keprihatinan atas UNGA yang menjadi acara super spreader. Hal ini lantaran varian Delta terus menyebar di Amerika Serikat. Di New York sendiri, ada mandat vaksinasi di mana bukti vaksin diperlukan di beberapa lokasi indoor termasuk restoran, pusat kebugaran, dan tempat hiburan.

Bolsonaro telah menyatakan bahwa dia akan menjadi warga negara "terakhir" di negaranya yang divaksinasi. Dalam pertemuan itu, Bolsonaro mengatakan dia mendukung vaksinasi tetapi menentang mandat. Ia juga mengkritik pembatasan yang diberlakukan untuk mengekang virus corona namun merugikan perekonomian.

Belum lama ini ia memancing kehebohan di media sosial ketika sebuah foto menunjukkan dia makan pizza di jalan New York yang dikelilingi oleh beberapa menterinya. Satu-satunya menteri yang mengenakan masker adalah Queiroga, namun itu pun dipakai dengan tidak benar alias ditarik ke bawah dagu.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts