Bukan Kendaraan Tempur Lapis Baja, Tentara Australia Pakai Sepeda Listrik Jalankan Misi Siluman
pixabay.com/Ilustrasi/Defence-Imagery
SerbaSerbi

Menurut departemen pertahanan, sepeda listrik lebih senyap dan memungkinkan tentara pengintai bergerak cepat melalui medan perang untuk misi pengumpulan informasi.

WowKeren - Australia telah memperkenalkan kendaraan yang tak biasa untuk tentaranya. Bukan kendaraan tempur berlapis biasa seperti pada umumnya, Australia justru menggunakan sepeda elektrik sebagai bagian dari persenjataan tempur mereka.

Tentu saja, keputusan ini diambil setelah melewati berbagai pertimbangan. Departemen Pertahanan Australia melalui sebuah pernyataan pada Rabu (6/10) mengatakan bahwa e-bike telah dikerahkan oleh tentara untuk membantu pasukan melewati medan luar lantaran kendaraan yang satu ini tidak menimbulkan suara bising.

Berangkat dari manfaat ini, sepeda elektrik dianggap cocok dipergunakan saat pasukan menjalankan misi siluman. Sepeda listrik tidak memiliki sistem pembuangan sehingga sangat pas dipakai untuk misi pengintaian. Selain itu, e-bike juga dapat secara signifikan mengurangi suara alias lebih senyap daripada mesin yang memerlukan pembakaran untuk operasinya.

Dalam video YouTube yang dirilis oleh akun resmi Departemen Pertahanan Australia, terlihat tentara Australia baru-baru ini menguji coba e-bike bersama dengan Boxer Combat Reconnaissance Vehicle. Para prajurit akan menggunakan e-bikes untuk mengintai medan dalam rangka memetakan kemungkinan jalur kendaraan pengintai, sambil meminimalkan deteksi oleh musuh.


Menurut departemen pertahanan, e-bike itu senyap dan "memungkinkan tentara pengintai bergerak cepat melalui medan perang" untuk misi pengumpulan informasi. E-bike juga memungkinkan tentara melakukan perjalanan jarak jauh karena "kendaraan" ini memiliki jangkauan 100 km.

Seorang personel militer Kopral Thomas Ovey mengatakan jika sepeda listrik mampu meminimalkan jejak kaki. Selain itu, dengan menggunakan sepeda juga mampu mengurangi debu yang bisa memancing perhatian musuh. Bahkan dibanding motor standard, sepeda listrik jauh lebih efektif untuk menjalankan misi.

"Jejak kaki diminimalkan karena daya yang lebih kecil, kebisingan yang lebih sedikit, dan Anda tidak mengeluarkan banyak debu yang dapat dilihat oleh pasukan musuh," jelasnya. "Ini jauh lebih efektif daripada sepeda motor standar."

Lebih jauh, ia juga mengatakan bahwa pasukan dapat menyerahkan informasi dengan aman. "Ini menghemat waktu daripada menunggu pasukan datang kepada kami ketika mereka menemukan sesuatu," tambahnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts