Kepala Desa Cianjur Soroti Rizky Billar-Lesty Kejora Ijab Kabul Dua Kali, Sarankan Isbat?
Instagram/rizkybillar
Selebriti

Lesti Andryani alias Lesti Kejora dan Rizky Billar diketahui melaksanakan dua kali akad nikah secara agama dan negara. Kepala Desa Cianjur, Agus Setiawan, sempat memberikan masukan terkait pernikahan itu.

WowKeren - Rizky Billar dan Lesti Andryani sudah mengakui kalau mereka sebenarnya telah menikah siri. Pernikahan itu kabarnya digelar pada April 2021 dengan mas kawin berupa uang Rp75 ribu senilai Rp1.575.000.

Keduanya lalu menggelar ijab kabul kedua pada 19 Agustus secara negara dan disiarkan langsung di TV. Dalam acara tersebut, Billar disebut-sebut mempersembahkan mas kawin miliaran rupiah buat Lesty Kejora.

Rupanya fakta pernikahan Lesty dan Billar sukses bikin geger publik. Kepala Desa Cianjur yang merupakan kampung halaman Lesty juga ikut buka suara.

"Kalau dilihat dari fotokopi KK sih statusnya masih perawan, si pengantin prianya masih perjaka. Semua surat keluar masuk tercatat di sini," ujar Agus Setiawan, kepala desa Pamayonan, Cianjur, pada "Intens Investigasi". "Waktu itu kalau misalkan di KK nya ada keterangan sudah menikah, jadi jelas kita tidak bisa mengeluarkan NIK dari pengadilan atau akta kematian dari dinas kependudukan kabupaten."


Agus juga mengisyaratkan kalau Billar dan Lesty telah salah langkah. Alih-alih ijab kabul lagi, keduanya disarankan melakukan isbat nikah atau permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah-nya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum.

"Kalaupun dedek Lesti dan Rizky Billar melakukan nikah siri, jelas ada pengantar dari desa," kata Agus. "Itu kan bukan secara resmi tercatat di KUA kalau nikah siri. Terus di situ juga dilampirin semua syarat dari RT, tapi tidak melampirkan keterangan mereka sudah nikah siri. Kalaupun sudah nikah siri jelas yang harus ditempuh bukan melaksanakan akad pernikahan, tapi melalui isbat."

Sementara itu, Gus Miftah juga sempat buka suara soal pernikahan Billar dan Lesty yang tak biasa. Gus Miftah menilai kalau menikah siri sebenarnya hal yang wajar. Namun ia heran kenapa Billar dan Lesty tak langsung menikah resmi jika alasan utamanya demi menghindari zina.

"Rukun, tata cara semuanya sama. Jadi kalau pertanyaan tentang nikah sirinya ya sah-sah saja tidak ada masalah," seru Gus Mifah. "Biasanya tujuannya untuk menghindari perzinaan, saya pikir nikah resmi pun untuk menghindari perzinaan kenapa gak resmi sekalian."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru