Masyarakat India Mulai Putus Asa Akibat Dampak Pandemi COVID-19, Jual Emas Untuk Bertahan Hidup
Unsplash/Linus Mimietz
Dunia
Pandemi Virus Corona

Akibat pandemi COVID-19 membuat kehidupan perekonomian masyarakat India semakin terpuruk. Tidak sedikit yang mulai merasakan keputusasaan, sehingga tidak mempunyai banyak pilihan untuk bisa bertahan hidup.

WowKeren - Pandemi COVID-19 yang terjadi di banyak negara dunia, mengakibatkan kehidupan perekonomian masyarakatnya terganggu. Tidak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Di India, banyak masyarakat yang mulai putus asa akibat dampak dari pandemi COVID-19 ini yang membuat sumber penghasilannya menurun drastis. Melansir today online, banyak masyarakat India yang terpaksa harus menjual salah satu aset berharganya yakni emas untuk bertahan hidup.

Salah seorang ibu-ibu yang diketahui identitasnya sebagai Jogani mengaku putus asa usai bisnis garmennya terpukul parah dalam satu setengah tahun terakhir. Adapun usahanya mengalami keterpurukan itu lantaran akibat dari pembatasan COVID-19, sehingga membuatnya susah untuk membayar tagihan toko dan gaji 15 karyawannya.

Di sisi lain, angka pertumbuhan utam menunjukkan bahwa ekonomi terbesar ketiga di Asia itu pulih dari krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19. Akan tetapi, penderitaan finansial bagi banyak orang di India itu masih belum berakhir.


"Saya tidak punya pilihan lain selain menjual emas," terang Jogani. Bagi Jogani ini merupakan satu-satunya hal yang bisa dia lakukan saat ini agar bisa bertahan hidup di tengah krisis kesehatan.

Kepada AFP, Jogani mengaku bahwa gelang emas yang dijualnya itu merupakan gelang pernikahannya 23 tahun lalu. Selain itu, penutupan bisnis dan kehilangan pekerjaan mendorong lebih dari 230 juta penduduk India ke dalam kemiskinan pada tahun lalu.

Menurut sebuah studi oleh Universitas Azim Premiji, keadaan krisis ekonomi di tengah pandemi seperti sekarang ini, membuat banyak orang berjuang untuk membayar sewa, biaya sekolah, hingga tagihan rumah sakit. Kesulitan ini pun diketahui semakin parah dalam beberapa pekan terakhir, dengan melonjaknya tagihan listrik, bahan bakar, dan barang-barang lainnya.

Di tengah keputuasaan ini, mengharuskan masyarakat India untuk menjual aset berharganya, termasuk emas agar bisa tetap bertahan hidup. Di sisi lain, banyak juga yang menjadikan emasnya sebagai jaminan pinjaman, baik jangka pendek, maupun panjang.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts