Kota di AS Wajibkan Toilet Umum Sediakan Tampon dan Pembalut Secara Gratis
pixabay.com/Ilustrasi/jarmoluk
SerbaSerbi

Dengan tersedianya produk-produk menstruasi maka diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran kuman, terutama mengurangi penularan patogen melalui darah.

WowKeren - Ann Arbor, Michigan, telah menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang mengamanatkan bahwa tampon dan pembalut gratis harus ada di semua toilet umum. Dewan Kota memberikan suara bulat Senin (15/11) malam untuk menyetujui peraturan daerah yang baru.

MLive.com melaporkan bahwa menurut pejabat kota peraturan semacam ini baru pertama kalinya ada. Peraturan baru yang diterbitkan pada Kamis (18/11) di halaman web City Clerk tersebut akan mulai berlaku pada 1 Januari mendatang.

Menurut peraturan tersebut, sejumlah produk dinilai sangat penting untuk tetap tersedia di dalam toilet. Tak hanya tisu dan sabun namun juga produk menstruasi wanita yang penting untuk kesehatan. "Dewan Kota menilai bahwa sabun, tisu toilet, dan produk menstruasi semuanya berperan penting bagi kesehatan umum dan kesejahteraan masyarakat," bunyi pernyataan tersebut.

Dengan tersedianya produk-produk di atas maka diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran kuman. Terutama mengurangi penularan patogen yang bisa ditularkan melalui darah.


"Dewan Kota juga menemukan bahwa memastikan produk semacam itu tersedia di toilet umum akan membantu mencegah penyebaran kuman," lanjut pernyataan itu. "Mengurangi penularan patogen yang ditularkan melalui darah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum."

Lebih jauh, peraturan itu juga menegaskan bahwa produk-produk itu harus disediakan secara gratis. Bagi siapa pun yang melanggarnya maka bisa dikenakan denda hingga 100 dolar AS.

Aturan ini berlaku bagi toilet yang disediakan untuk pelanggan, pengunjung, karyawan, tamu undangan, siswa, atau anggota masyarakat lainnya, sebagaimana didefinisikan dalam Michigan Plumbing Code. USA Today melaporkan bahwa aturan ini berlaku tanpa memperhatikan penunjukan gender.

Jangkauan pemberlakuan aturan ini juga lebih luas dibanding kota-kota lain yang menerapkan langkah serupa, sebagaimana dilaporkan oleh media tersebut. Sebab kota lainnya pada umumnya hanya memberlakukan aturan sebatas pada bangunan kota dan sekolah.

"Akses ke produk menstruasi adalah kebutuhan dasar manusia," kata Walikota Ann Arbor Christopher Taylor kepada USA Today. "Ini masalah kesehatan masyarakat dan martabat pribadi. Dan itu adalah sesuatu yang harus diberikan kepada semua orang."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts