Noze WAYB Tak Dibayar Untuk Koreografi Viral 'Hey Mama' di 'Street Woman Fighter'
Naver
Selebriti

Monika PROWDMON menjelaskan bahwa meskipun dimungkinkan untuk mengajukan diri tentang hak cipta koreografi, undang-undang tersebut ambigu karena banyak 'celah' yang dapat dilalui.

WowKeren - Penggemar setia "Street Woman Fighter" pastinya tahu dengan dance tim leader ketika membawakan lagu "Hey Mama" milik David Guetta ft. Nicki Minaj, Bebe Rexha, dan Afrojack. Koreografi ciptaan Noze WAYB itu viral dengan banyak orang meng-covernya.

Namun Noze rupanya tak dibayar atas royalti koreografi "Hey Mama". Hal itu terungkap dalam bincang-bincang MC Jaejae dan empat tim leader "Street Woman Fighter" di channel YouTube MMTG belum lama ini.

"Aku baru-baru ini mendengar melalui koreografer Bae Yoon Jung bahwa tidak ada hak cipta dengan tarian. Untuk lirik dan penulis lirik, mereka berhak atas biaya hak cipta mereka bahkan 70 tahun setelah kematian mereka," tutur MC Jaejae.

"Mereka bisa mendapatkan bayaran dari generasi ke generasi. Tapi karena kalian tidak mendapatkan royalti apa pun, aku merasa kalian bisa berpikir bahwa itu semua 'tidak berguna'," imbuh MC Jaejae.


Monika PROWDMON kemudian menjelaskan bahwa meskipun dimungkinkan untuk mengajukan diri tentang hak cipta koreografi, undang-undang tersebut ambigu karena banyak "celah" yang dapat dilalui seseorang. "Jadi kamu dapat mengajukan diri untuk hak cipta tari," ungkap Monika.

"Tapi cara kerjanya, misalkan kamu menggunakan gerakan ini. Setiap gerakan harus direkam. Tapi karena langkah khusus itu memiliki hak cipta dan seseorang dapat berkata, 'sebenarnya aku ingin mengubahnya seperti ini' dan itu dianggap tidak masalah," tambah Monika.

Di saat undang-undang hak cipta mengenai koreografi mungkin tidak dapat diandalkan, Monika membagikan apa yang dia yakini sebagai metode paling efektif untuk membayar koreografer untuk pekerjaan mereka.

"Banyak orang yang berbeda telah mencoba mencari cara terbaik untuk membayar royalti yang tepat. Menurut pendapatku, metode terbaik yang kulihat sejauh ini datang ketika ada pertimbangan dari artis. Di Amerika Serikat, penari yang memiliki kontrak saat bekerja dengan Justin Bieber akan menerima persentase setiap kali Justin Bieber membawakan lagu tertentu," ucap Monika.

MC Jaejae lantas membahas Noze dan koreografi viral "Hey Mama"-nya yang menjadi fenomena baru di internet. MC Jaejae berharap Noze akan menerima royalti untuk koreografi itu karena kesuksesan massalnya.

"Serius, Noze jika kamu memiliki hak cipta gerakan (tepuk tangan) ini, kamu akan menghasilkan begitu banyak! Setiap kali seseorang menyalin gerakan itu, kamu akan mendengar dentingan uang yang bertambah di rekening bankmu. Kamu akan menjadi sangat kaya," tutup MC Jaejae.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait