Dinyatakan Meninggal, Pria Ini Ternyata Hidup 'Lagi' Usai Semalaman Masuk Ruang Pendingin
AFP
SerbaSerbi

Terkait kesalahan diagnosa tersebut, kepala pengawas medis mengakui bahwa dokter terkadang menghadapi kesulitan dalam menyatakan apakah seseorang sudah meninggal.

WowKeren - Seorang pria yang dinyatakan meninggal saat tiba di sebuah rumah sakit di India ditemukan oleh keluarganya dalam kondisi masih bernapas. Itu terjadi setelah ia menghabiskan waktu semalaman di dalam lemari es kamar mayat.

The Independent melaporkan jika Srikesh Kumar ditemukan dalam kondisi kritis usai ditabrak sepeda motor di kota Moradabad, Uttar Pradesh. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit swasta di mana dokter menyatakan dia meninggal.

Kepala pengawas medis Moradabad Shiv Singh mengatakan bahwa Kumar tiba pada pukul 3 pagi dan jantungnya dinyatakan tidak berdetak setelah beberapa kali pemeriksaan. Dia kemudian dibawa ke fasilitas medis pemerintah untuk pemeriksaan post-mortem dan kemudian dimasukkan ke dalam lemari es kamar mayat.

Namun, ketika keluarganya tiba sekitar tujuh jam kemudian, saudara ipar perempuan Kumar melihat bahwa tubuhnya bergerak, sebagaimana dilaporkan Times of India. Kejadian ini pun dengan segera menjadi viral di media sosial.

"Dia sama sekali tidak mati, bahkan jauh dari itu. Bagaimana ini bisa terjadi?" kata wanita itu dalam cuplikan video yang diunggah di media sosial. "Lihat dia ingin mengatakan sesuatu, dia bernapas."


Terkait kesalahan diagnosa tersebut, Singh mengakui bahwa dokter terkadang menghadapi kesulitan dalam menyatakan apakah seseorang sudah meninggal. Namun, ia tetap menahan diri untuk tidak menyebut situasi tersebut sebagai salah satu kelalaian sebelum penyelidikan. Bisa saja itu merupakan kondisi mati suri.

"Misalnya, ada 'mati suri' di mana ada penghentian sementara banyak organ vital tanpa kematian," ujar Singh. "Ini dapat menyebabkan situasi luar biasa."

Seorang dokter dari rumah sakit berbicara kepada Times of India menambahkan bahwa keajaiban Kumar bisa bertahan hidup bisa terjadi karena satu kecelakaan lain. Itu berkaitan dengan freezer kamar mayat, di mana suhu harus disetel di bawah 10 derajat untuk mencegah pembusukan mayat.

"Namun, ada masalah listrik sehingga lemari es menyala dan mati," kata dokter tersebut. "Itu mungkin menyelamatkan nyawa pria itu."

Kumar telah dipindahkan ke pusat kesehatan yang berbeda dan kondisinya telah membaik. Pihak keluarga berencana mengajukan keluhan kelalaian terhadap dokter yang awalnya menyatakan Kumar meninggal.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts