Birthday Spotlight: Happy Chenle Day
Twitter/nctsmtown_dream
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Chenle NCT Dream yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 22 November lalu.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Chenle NCT Dream yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 22 November lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keenam yang dirayakan pemilik nama lengkap Zhong Chenle itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Chenle lahir di Shanghai, Tiongkok pada 22 November 2001. Ia belajar di Beijing Contemporary Music School. Pada tahun 2006, ia memasuki stasiun televisi kecil Shanghai Ying Siu Sing School dan pergi ke kelas dansa. Pada tahun 2008, ia diterima di Shanghai Little Flute Art Troupe dan belajar musik vokal dengan Huang Jing.

Pada Januari 2011, pada usia 9 tahun, Chenle diundang untuk membawakan lagu Memory dari musikal Andrew Lloyd Webber, Cats, di Golden Hall of Vienna - pada saat itu ia adalah penyanyi termuda yang pernah mengadakan pertunjukan solo di sana. Pada Juli 2011, album solo keduanya, "My Wings", dirilis dengan total 12 lagu.

Pada bulan Desember 2012, Chenle berpartisipasi dalam Sidang Pleno Pertama Distrik Huangpu Shanghai dan memilih kepala distrik dengan suara tertinggi. Peran kecil akting pertamanya yang diketahui adalah pada tahun 2013 ketika ia berusia 11 tahun, ia ditampilkan dalam Drama Tiongkok, "The Queen of SOP 2". Pada tahun 2014, ia mengadakan konser solo di Shanghai Concert Hall.

2. Debut


Debut

NCT Dream merilis single debut mereka, "Chewing Gum", pada 24 Agustus 2016 dan menjalani debut stage pada 25 Agustus di "M Countdown". "Chewing Gum"menduduki peringkat #2 di chart World Digital Songs dan #23 di chart Spotify Viral 50 pada saat dirilis. "Chewing Gum" versi Korea dan Mandarin kemudian disertakan ke dalam album single pertama NCT Dream.

3. Puncak Karir


Puncak Karir
Twitter/nctsmtown_dream

Pada 10 Mei, NCT Dream merilis full album pertama mereka sejak debut, "Hot Sauce." Album yang memuat 10 track tersebut mencatat penjualan sebanyak 2.040.360 copy hanya dalam dua pekan perilisan. Setelah mendapatkan gelar "million seller" dalam minggu pertama perilisan "Hot Sauce", NCT Dream merebut gelar "double million penjual" setelah mencapai lebih dari 2 juta penjualan dalam 16 hari setelah album dirilis.

Album ini juga menduduki puncak tangga album mingguan domestik selama dua minggu berturut-turut, tangga lagu streaming musik domestik, iTunes Top Albums di 37 negara, chart album mingguan Oricon, Billboard Japan’s Top Album Sales chart, Line Music’s Weekly Album chart, chart mingguan Rakuten Music di Jepang, QQ Music, Kugou Music, and Kuwo Music’s Digital Albums Sales charts di Tiongkok.

NCT Dream melakukan comeback yang sangat dinanti pada 28 Juni dengan "Hello Future," versi repackage dari album studio pertama mereka, "Hot Sauce." Menurut Hanteo Chart, "Hello Future" terjual dengan jumlah mengesankan sebanyak 527.758 copy pada 28 Juni saja. Hal ini menjadikannya album repackage pertama dalam sejarah Hanteo yang melampaui 500.000 penjualan pada hari pertama perilisannya.

Selain mencetak rekor baru untuk penjualan hari pertama tertinggi, "Hello Future" kini juga mencapai penjualan minggu pertama tertinggi kedua dari album repackage mana pun dalam sejarah Hanteo. Artinya, album tersebut menjadi album repackage dengan penjualan terbanyak kedua sepanjang masa.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Twitter/nctsmtown_dream

Chenle menjadi DJ utama acara radio Yuedong Seoul pada 12 Oktober 2020. Acara ini tayang mulai pukul 9 malam hingga 10 malam KST. Acara ini disiarkan langsung di saluran YouTube resmi TBS eFM 101,3 MHz. Chenle meninggalkan Yuedong Seoul pada 12 September 2021. Pada Februari 2021, Chenle tampil di lagu IMLAY "Too Good", dari mini album ke-4 "UTOPIA".

5. Kontroversi


Kontroversi
Twitter/nctsmtown_dream

Selama karirnya bersama NCT, Chenle belum pernah dililit kontroversi. Meski begitu, ada beberapa netizen di forum online yang mempermasalahkan beberapa postingan Weibo-nya yang dinilai mendukung kebijakan pemerintah Tiongkok. Postingan ini sendiri tak dianggap terlalu serius oleh para penggemar, mengingat hampir semua selebriti Tiongkok lainnya juga memposting hal serupa karena ini seoleh menjadi "kewajiban" bagi figur publik di negara tersebut untuk menunjukkan dukungan atas kebijakan pemerintah Tiongkok.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/nctsmtown_dream

Selama sisa tahun 2021, Chenle masih akan beraktivitas bersama NCT di mana grup tersebut akan comeback sebagai full team dengan merilis album "Universe" pada 14 Desember mendatang. Selain itu, NCT Dream juga telah dikonfirmasi akan tampil di ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards 2021 pada 11 Desember 2021.

You can share this post!

Related Posts