Orang Italia yang Belum Divaksin Terancam Pembatasan Jelang Libur Akhir Tahun
pixabay.com/Ilustrasi/StockSnap
Dunia

Menjelang liburan akhir tahun, orang-orang yang belum divaksinasi dilarang masuk ke dalam restoran indoor, bioskop, hingga museum. Kebijakan ini berlaku mulai Senin (6/12).

WowKeren - Tak semua orang bersedia untuk menerima suntikan vaksin COVID-19. Di Italia, tak sedikit warganya yang menentang upaya tersebut.

Tak tinggal diam, pemerintah pun mengambil langkah untuk menyikapi warganya yang bersikap demikian. Pemerintah tampaknya membuat hidup mereka tak nyaman.

Betapa tidak, menjelang liburan akhir tahun, orang-orang yang belum divaksin dilarang masuk ke dalam restoran indoor, bioskop, hingga museum. Kebijakan ini berlaku mulai Senin (6/12). Langkah ini diperlukan untuk menekan penyebaran virus corona dan mendorong orang-orang yang skeptis terhadap vaksin untuk segera mendapatkan suntikan.

Untuk langkah ini, pemerintah juga menerjunkan polisi. Mereka diberi tugas untuk memeriksa apakah pengunjung di restoran maupun bar memiliki izin kesehatan hijau "super" yang menyatakan bahwa mereka telah divaksinasi atau baru saja pulih dari virus.


Aplikasi ponsel pintar yang memverifikasi status izin kesehatan warga telah diperbarui untuk melarang mereka yang hanya dites negatif dalam beberapa hari terakhir masuk ke konser, film, atau pertunjukan. Langkah-langkah tersebut berlaku hingga 15 Januari.

Pihak berwenang juga memberlakukan persyaratan bahwa setidaknya izin kesehatan dasar harus digunakan untuk naik transportasi lokal dan untuk check-in di hotel. Adapun izin kesehatan dasar yang dimaksud adalah yang dapat diperoleh melalui tes negatif.

Di Roma yang merupakan ibu kota negara, ada banyak polisi berada di pusat-pusat transportasi memeriksa tiket hijau dan identifikasi pribadi. Jumlah infeksi COVID-19 baru di Italia telah meningkat secara bertahap selama enam minggu terakhir, bahkan sebelum kekhawatiran muncul tentang varian omicron baru.

Ini mengkhawatirkan mengingat orang Italia tengah menantikan pesta liburan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, setelah dilarang merayakannya tahun lalu. Italia memperketat pembatasan terhadap mereka yang tidak divaksinasi sambil membiarkan mereka yang divaksinasi menjalani kehidupan seperti biasa.

Sementara itu, tingkat vaksinasi Italia lebih tinggi daripada sejumlah negara tetangganya. Sebanyak 85 persen populasi yang memenuhi syarat berusia 12 tahun ke atas telah divaksin dan merupakan 77 persen dari total populasi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait