Baik Hati, Pria Ini Punya 'Dress Bank' Bantu Berikan Gaun Pernikahan ke Gadis Miskin di India
SerbaSerbi

Thootha juga tidak pernah meminta mereka mengembalikannya. Sebaliknya, ia berharap agar keluarga tersebut kembali memberikannya kepada orang lain yang membutuhkan.

WowKeren - Mendengar kata bank pada umumnya hal yang dibahas tidak jauh dari uang atau makanan. Namun, bank yang ada di India ini sedikit unik, bank pakaian.

Seperti namanya, bank ini menyediakan pakaian pernikahan yang sudah pernah digunakan. Adalah Nasar Thootha, pria yang menjalankan dress bank di mana pakaian yang ada di sana adalah hasil sumbangan dari keluarga berada untuk wanita yang memiliki kemampuan terbatas.

Thootha setiap harinya bekerja sebagai seorang sopir taksi di distrik Malappuram di negara bagian Kerala, India selatan. Selayaknya badan amal, bank ini telah membantu lebih dari 260 pengantin yang kurang mampu hingga kini dengan pakaian gratis untuk hari pernikahan mereka.

Perbuatan terpuji ini ia lakukan mulai tahun lalu. Kala itu, ia baru saja kembali dari Arab. Thootha menggunakan aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook dan mulai meminta orang-orang untuk memberikan gaun pengantin mereka yang menganggur untuk tujuan tersebut.


Niat baiknya ini pun disambut baik oleh para pembaca pesannya. Hal itu terbukti dengan banyaknya paket besar berisi gaun-gaun baru yang mulai mendarat di depan pintunya. Bahkan banyak dari mereka yang tidak diketahui namanya.

Thootha pernah bekerja di supermarket makanan saat berada di Riyadh selama lebih dari 10 tahun sebelum kembali ke India delapan tahun lalu. Ia mengatakan kepada Al Jazeera tentang alasan mengapa banyak orang yang berbondong-bondong mau membantunya.

"Pakaian pernikahan adalah tentang kesombongan," ujarnya. "Mereka dipakai selama beberapa jam dan kemudian tidak pernah dikeluarkan dari lemari. Menyadari hal ini, banyak keluarga kaya mau mendukung tujuan kami."

Ia memulai bank pakaiannya tepatnya pada April 2020 lalu. Itu bermula ketika keluarga pengantin wanita menghubunginya melalui Facebook dan kemudian langsung mengunjungi bank untuk memilih gaun pilihan mereka, terlepas dari biayanya. Tak hanya itu, Thootha juga tidak pernah meminta mereka mengembalikannya. Sebaliknya, ia berharap agar keluarga tersebut kembali memberikannya kepada orang lain yang membutuhkan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait