Ada-Ada Saja! Jepang Bikin Layar TV Bisa Dijilat, Tersedia Berbagai Pilihan Rasa
pixabay.com/Ilustrasi
SerbaSerbi

Mungkin bagi orang yang mendengarnya cukup bingung dengan istilah ini. Pada dasarnya, cara kerja televisi unik ini sama sekali tidak mengandung unsur magis atau keajaiban.

WowKeren - Jepang memang selama ini telah dikenal sebagai negara yang kaya akan penemuan-penemuan baru. Bahkan tak sedikit dari penemuan-penemuan itu cukup unik. Seperti penemuan baru-baru ini. Seorang profesor Jepang telah menciptakan layar televisi yang dapat menghasilkan rasa seperti layaknya makanan.

Karena memiliki rasa, maka pemirsa bisa mencicipi apa yang mereka lihat. Penemuan itu bernama TTTV. Prototipe baru tersebut yang sejalan dengan budaya inovasi Jepang, disebut "Taste the TV".

Mungkin bagi orang yang mendengarnya cukup bingung dengan istilah ini. Pada dasarnya, cara kerja televisi unik ini sama sekali tidak mengandung unsur magis atau keajaiban atau bahkan di luar fiksi ilmiah.

Cara kerja prototipe itu melibatkan prinsip kimia dasar dan menggabungkan profil rasa yang ada. Rasa di layar pada dasarnya dibuat dengan cara mencampur semprotan dari 10 tabung rasa untuk meniru rasa makanan seperti yang terlihat di layar.


Kemudian, sampel rasa tersebut akan disemprotkan pada film higienis di atas layar TV datar. Dari sini, pemirsa bisa menjilat sampel rasa tersebut. Selain unik, televisi semacam ini memungkinkan orang-orang untuk membagikan pengalaman mereka.

Adalah Homei Miyashita, profesor dari Universitas Meiji yang merealisasikan ide unik tersebut. Ia mengatakan bahwa teknologi layar yang dapat dijilat memungkinkan orang untuk berbagi pengalaman di era COVID-19.

Dengan adanya TTTV ini, pemirsa bisa merasakan pengalaman untuk mencicipi hidangan restoran yang ada di belahan dunia lainnya tanpa beranjak dari kursi mereka. "Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang memiliki pengalaman sesuatu seperti makan di restoran di sisi lain dunia, bahkan saat tinggal di rumah," ujarnya.

Tidak sendiri, Miyashita bekerja bersama 30 siswa lainnya. Tim tersebut telah menghasilkan berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang membuat rasa makanan lebih kaya.

Sedangkan prototipe TTTV itu sendiri telah dibuatnya selama setahun terakhir. Pembuatan versi komersial diperkirakan akan menelan biaya sekitar 100.000 yen.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru