HITSfluencer : Rendi Ryle, Tutor Dance yang Viral Ajari Joget Asyik Lewat TikTok
Instagram/rendi_ryle
Selebriti
HITSfluencer

Meski dianggap ringan, gerakan dance TikTok ternyata tidak sembarangan. Rendi Ryle sukses membuat tutorial gerakan yang detail namun tetap asyik. Seperti apa seru dan asyiknya belajar joget TikTok ala Rendi?

WowKeren - Sejak awal, platform TikTok memang terkenal dengan konten dance ringan. Meski ringan, gerakan dance ala TikTok ternyata tidak asal gerak. Karena itu, banyak konten kreator yang membuat tutorial gerakan dance ala TikTok, salah satunya adalah Rendi Ryle, pemilik akun TikTok rendi_ryle .

Baru terjun ke dunia TikTok pada tahun 2020, Rendi kini sudah berhasil mengumpulkan 1,9 juta pengikut. Selain itu, ia pun sudah sukses mengumpulkan lebih dari 36 juta likes . Banyak followers merasa terhibur dan langsung mempraktikkan tutorial dance TikTok ala Rendi.


Berbeda dengan dance profesional, gerakan joget TikTok Rendi lebih sederhana. Biasanya, gerakannya akan diiringi dengan musik-musik viral TikTok. Rendi menyebut jika para remaja Indonesia menyukai musik barat yang sudah di-remix menjadi lebih santai. Sementara, para ibu-ibu menyukai dangdut koplo.

Salah satu konten Rendi yang cukup populer adalah saat ia menampilkan tutorial dance dari musik viral “DJ Fantastic”. Asyiknya gerakan Rendi membuat para pengikutnya merasa terhibur ketika menonton. Tidak heran, jika unggahan ini sudah mendapat lebih dari 8 juta kali penayangan.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Rendi mengungkap kiat sukses membuat video tutorial dance yang selalu asyik dinikmati. Ingin tahu seperti apa? Ini dia cerita selengkapnya.

(wk/yoan)

1. Mendadak Jadi Kreator Dance TikTok


Mendadak Jadi Kreator <i>Dance</i> TikTok
TikTok/rendi_ryle

Rendi mulai terjun di TikTok sejak awal pandemi Covid-19. Saat itu, aktivitasnya terbatas hanya dilakukan di rumah. Ia pun iseng membuat dan mengunggah video dance sepulang dari joging sore. Tak disangka, videonya pun mendapat banyak respon positif. Rendi yang awalnya tak punya rencana untuk terjun ke TikTok, akhirnya memutuskan untuk melanjutkan.

Rendi mulai konsisten membuat video tutorial dance. Dalam satu hari, ia bahkan bisa menggunggah 3-4 video tutorial. Selain menyalurkan hobi, Rendi juga berhasil menaikkan traffic akun TikTok berkat konsistensinya.

Salah satu konten tutorial dance yang menjadi favorit Rendi adalah saat ia spontan membuat gerakan dari musik “Terbanglah Bersamaku”. Gerakan sederhana dan pembawaan Rendi yang asyik membuat videonya disukai penonton. Tak heran, jika unggahan ini sudah mencapai lebih dari 10 juta penayangan.

"Ada satu video, aku iseng bikin. Karena sound-nya hilang, akhirnya bikin yang baru. Puji Tuhan dapat penonton hampir 10 juta views . Kalau enggak salah, lagunya 'Terbanglah Bersamaku'," ungkap Rendi. "Itu spontanitas bikin gerakan dan upload-nya. Dan mungkin jadi salah satu video favorit dalam tahun ini."

2. Bangun Attitude yang Disukai Followers


Bangun <i>Attitude</i> yang Disukai <i>Followers</i>
TikTok/rendi_ryle

Agar instruksi gerakan tutorial lebih jelas, Rendi memberikan penjelasan berupa ilustrasi emoji di videonya. Instruksi ini memudahkan para pengikut untuk mempraktikkan gerakan dance. Ditambah, pria asal Ambon ini juga benar-benar memperhatikan attitude yang ia bangun di depan kamera.

"Pembawaan itu harus gokil dan ceria. Karena ada beberapa orang cuma joget biasa saja, enggak senyum. Tapi aku mau totalitas supaya mereka (followers) benar-benar terhibur, bukan hanya joget," beber Rendi. "Aku punya satu goal bahwa bukan hanya aku kasih (tutorial), tapi gimana caranya orang lain bisa terhibur dengan attitude-nya kita. Jadi, itulah yang bisa bikin kontenku beda sama orang lain."

Pembawaan gokil dan ceria Rendi bisa dilihat saat ia memasang wajah "silly face" atau "crazy face" ketika membawakan tutorial dance. Berkat hal itu, para pengikut Rendi merasa sangat terhibur hingga sering meninggalkan komentar berisi doa dan dukungan semangat. Bahkan, mereka juga bisa menyadari perubahan mood Rendi saat memberikan tutorial dance.

"Minggu lalu baru sembuh sakit. Waktu di-upload, ada yang bilang, 'kok enggak semangat sih'. Jadi, sampai sedetail itu mereka mengerti," lanjut Rendi. "Itulah hebatnya followers TikTok. Bahkan, aku sendiri pun yang nge-video enggak notice kalau wajahku ternyata masih kelihatan habis sakit."

3. Miliki Personal Branding yang Unik


Miliki <i>Personal Branding</i>  yang Unik
TikTok/rendi_ryle

Rendi merasa membawakan dance dengan rekan lebih asyik dibandingkan sendirian. Ia pun akhirnya sering tampil membawakan tutorial dance bersama saudara laki-lakinya. Kemiripan fisik hingga gaya rambut membuat followers menyebut mereka seperti kembar. Sejak saat itulah, Rendi pun mem-branding dirinya dengan sebutan "Kembar Tak Identik".

"Namanya konten kreator, kita harus punya sesuatu yang sekali lihat, orang jadi tahu. Waktu awal pertama kali terjun, banyak yang bilang, 'kalian kembar ya?'," beber Rendi. "Dan sekarang setiap kita take, orang sudah tahu, 'oh, ini duo kembar enggak identik'. Jadi, ada something dimana orang itu ingat."

Tidak hanya personal branding, seorang kreator harus konsisten mengunggah konten. Hal ini juga dilakukan oleh Rendi. Bahkan saat mood-nya sedang tidak baik, ia tetap memaksakan diri untuk membuat konten dengan ceria.

4. Hadapi Masalah, Segera Temukan Solusi


Hadapi Masalah, Segera Temukan Solusi
TikTok/rendi_ryle

Meski dikenal sebagai tutor dance TikTok, Rendi ternyata masih sering kehabisan ide. Jika hal itu terjadi, pria yang kini menggeluti bisnis minyak kayu putih ini segera melakukan me time untuk mencari inspirasi baru. Tak jarang, ia bahkan mendapatkan inspirasi gerakan ketika malam hari menjelang tidur.

Kesulitan lain yang kerap dialami Rendi adalah ketika ia harus memilih emoji demi memperjelas instruksi video tutorial. Pasalnya, ada beberapa gerakan yang tidak ada di kolom emoji. Biasanya, Rendi akan mencari emoji yang paling mendekati. Namun jika sudah stagnan, ia pun terpaksa harus mengganti emoji dengan kata-kata.

"Karena bikin satu gerakan baru, jadi mau enggak mau harus cari juga emoticon yang cocok dengan gerakannya. Dan, enggak semua gerakan dance itu ada di emoticon," terang Rendi. "Kadang bingung emoticon yang pas. Mau enggak mau, kita harus mutar otak dan imajinasi. Kira-kira emoticon apa yang paling mendekati. Tapi kalau sudah enggak ada, mau enggak mau harus pakai kata-kata."

5. Tidak Haus Pengakuan dan Lakukan yang Terbaik


Tidak Haus Pengakuan dan Lakukan yang Terbaik
TikTok/rendi_ryle

Biasanya Rendi akan menciptakan gerakan tutorial dance mengikuti tren musik viral. Namun, tak jarang ia juga membawakan tutorial dance dari kreator lain. Sebagai bentuk apresiasi, ia pun tidak ragu mencantumkan akun kreator asli pada kolom caption.

Sayangnya, konten Rendi kadang juga digunakan kreator lain tanpa mencantumkan credit. Meski sempat kecewa, ia sudah tidak mempermasalahkannya lagi.

"Kalau sekarang santai, chill. Menurut aku, TikTok adalah media sosial dimana semua orang bisa terinspirasi dari sana. Kita enggak harus ada pengakuan," ujar Rendi. "Yang penting kita tahu yang upload duluan, enggak masalah, yang penting mereka happy, kita happy."

Di sisi lain, maraknya konten dance random viral ternyata juga sempat membuat Rendi sedikit cemburu. Pasalnya, konten miliknya yang dibuat dengan konsep matang dan sepenuh hati malah kalah viral. Meski demikian, Rendi selalu menguatkan hati dan tidak berhenti melakukan yang terbaik.

6. Tips Membuat Konten Joget yang Asyik


Tips Membuat Konten Joget yang Asyik
TikTok/rendi_ryle

Meski terlihat mudah, membuat konten dance ternyata tidak sederhana. Agar konten dance-nya asyik dan menghibur, Rendi benar-benar memperhitungkan gerakan yang akan ditampilkan. Ia selalu membuat gerakan yang sederhana namun detail. Selanjutnya, ia menyajikan tutorial dengan instruksi yang jelas.

"Pertama totalitas dulu. Apapun gerakannya, harus detail, jangan asal model joget aja. Kedua, kasih instruksi yang jelas. Ketiga, kita harus bisa menghargai karya orang lain. Jadi, bukan hanya kita asal upload, ikut-ikutan," tutur Rendi.

Hasil ketiga hal tersebut tentu tidak bisa maksimal hanya dengan sekali mencoba. Rendi pun berpesan agar jangan cepat menyerah. Konsisten dan tidak berhenti mencoba adalah kunci utama kesuksesan dalam berkarya.

7. Bahagia Bisa Sebarkan Energi Positif


Bahagia Bisa Sebarkan Energi Positif
TikTok/rendi_ryle

Rendi berharap agar akun TikTok-nya segera bercentang biru supaya lebih menginspirasi banyak orang. Ia ingin membuktikan jika konten dance tidak hanya sekedar joget, tetapi juga bisa berbagi energi positif.

Selain Indonesia, Rendi pun bermimpi agar kontennya bisa dinikmati oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, hingga Filipina. Dengan bertambahnya followers, ia bisa menghibur lebih banyak orang lagi.

"Lewat joget, kita bisa memberikan vibe positif buat semua orang yang lihat. Konten memang dance, tapi bukan dance doang. Tapi bagaimana kita sebarkan sesuatu yang menarik dan menghibur orang," jelas Rendi. "Target pasti verified. Tapi itu cuma bonus, lebih ke arah semua orang bisa terhibur. Enggak cuma Indonesia, tapi negara tetangga kayak Malaysia, Singapura, bahkan Filipina."

You can share this post!