BPOM Izinkan Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia
WHO/Loan Tran
Nasional

Menjelang akhir tahun 2021, mari simak ulasan peristiwa-peristiwa mengejutkan yang terjadi di Tanah Air awal tahun ini. Mulai dari yang terkait pandemi COVID-19 hingga tragedi dan bencana alam.

WowKeren - Setelah program Vaksinasi COVID-19 Indonesia resmi dimulai pada Januari 2021, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat alias emergency use authorization (EUA) Vaksin Sinovac bagi kalangan lanjut usia (lansia). Pada 7 Februari 2021, BPOM menyatakan bahwa Vaksin CoronaVac produksi Sinovac aman untuk lansia berusia 60 tahun ke atas.

Pemerintah Indonesia kemudian mulai menggelar program Vaksinasi COVID-19 lansia pada 8 Februari 2021. Di fase awal, vaksinasi lansia akan diprioritaskan di wilayah Jawa dan Bali. Pasalnya kala itu lebih dari 65 persen kasus COVID-19 nasional tercatat di Jawa dan Bali.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tahun ini genap berusia 78 tahun telah menerima dosis pertama Vaksin COVID-19 pada 17 Februari 2021 lalu. Ma’ruf kemudian menerima dosis keduanya satu bulan kemudian, yakni pada 17 Maret 2021. Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mengajak masyarakat Indonesia, terutama kaum lansia, untuk turut mendapat suntikan vaksinasi COVID-19.

Selain dimulainya program Vaksinasi COVID-19 untuk lansia, bulan Februari 2021 juga diwarnai oleh hebohnya isu kudeta Partai Demokrat. Dalam konferensi pers pada 1 Februari 2021, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyatakan ada beberapa sosok yang hendak menggulingkan kekuasaannya dari partai tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru