Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402
Twitter/RoyalNavy
Nasional

Menjelang akhir tahun 2021, mari simak ulasan peristiwa-peristiwa mengejutkan yang terjadi di Tanah Air awal tahun ini. Mulai dari yang terkait pandemi COVID-19 hingga tragedi dan bencana alam.

WowKeren - Pada 21 April 2021, kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402 dilaporkan hilang kontak di perairan utara Bali kala tengah melakukan latihan torpedo. Hadi Tjahjanto yang kala itu menjabat sebagai Panglima TNI mengungkapkan bahwa KRI Nanggala-402 mengangkut 53 orang pada saat kejadian.

Pada 24 April 2021, TNI AL kemudian menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 berstatus subsunk (tenggelam). Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengungkapkan bahwa kapal selam buatan Jerman tersebut mengalami keretakan besar. Hal ini membuat barang-barang yang ditemukan terapung keluar dari kapal selam.

53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur telah resmi mendapat tanda kehormatan Bintang Jalasena Nararya dan menerima kenaikan pangkat luar biasa dari pemerintah Indonesia. Santunan kematian senilai masing-masing Rp 15 juta juga telah diberikan Kementerian Sosial pada ahli waris 53 kru KRI Nanggala-402.

Selain tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402, bulan April 2021 juga diwarnai bencana banjir bandang yang menerjang sejumlah kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga 10 April 2021, tercatat ada 174 korban jiwa akibat bencana banjir bandang di NTT tersebut. Banjir bandang tersebut rupanya dipicu oleh fenomena alam Siklon Tropis Seroja dengan kecepatan pusaran mencapai 130 kilometer per jam.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru