Masuknya COVID-19 Varian Delta ke Indonesia
AFP/Lionel Bonaventure
Nasional

Menjelang akhir tahun 2021, mari simak ulasan peristiwa-peristiwa mengejutkan yang terjadi di Tanah Air awal tahun ini. Mulai dari yang terkait pandemi COVID-19 hingga tragedi dan bencana alam.

WowKeren - Di bulan Mei 2021, Kementerian Kesehatan mengumumkan masuknya tiga varian baru COVID-19 pada awal Mei 2021. Salah satunya adalah varian B1617 asal India atau yang biasa disebut Varian Delta. Pada 4 Mei 2021, Kemenkes mengkonfirmasi adanya satu kasus Varian Delta di Riau dan satu kasus lainnya di Jakarta.

Temuan Varian Delta di Indonesia sempat membuat banyak pihak khawatir mengingat situasi "tsunami" COVID-19 di India saat itu diduga turut dipicu oleh varian tersebut. Kala itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 meminta masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada.

Varian Delta diketahui 30-100 persen lebih mudah menular dibanding varian B117 alias Varian Alpha. Varian Delta yang mudah menyebar ini membuat banyak negara melakukan pembatasan ketat. Sepanjang tahun 2021 ini, ada lebih dari 6 ribu kasus Varian Delta yang tercatat di Indonesia.

Masyarakat Indonesia turut menyoroti tes aparatur sipil negara (ASN) bagi pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bulan Mei 2021. Pada 5 Mei 2021, KPK mengumumkan ada 75 pegawainya yang tidak memenuhi syarat kelulusan tes wawasan kebangsaan (TWK) yang menjadi salah satu parameter seleksi. Isu ini menuai banyak sorotan lantaran beberapa nama "besar" seperti Novel Baswedan hingga penyidik kasus eks Menteri Sosial Juliari Batubara terancam dicopot dari jabatannya karena disebut-sebut gagal dalam seleksi ini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru