Indonesia Batal Berangkatkan Jemaah Haji 2021
AFP
Nasional

Menjelang akhir tahun 2021, mari simak ulasan peristiwa-peristiwa mengejutkan yang terjadi di Tanah Air awal tahun ini. Mulai dari yang terkait pandemi COVID-19 hingga tragedi dan bencana alam.

WowKeren - Jemaah Haji asal Indonesia harus menahan rasa kecewa kala Pemerintah mengumumkan tidak akan mengirim mereka ke Tanah Suci pada tahun 2021. Pada 3 Juni 2021, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan bahwa Indonesia tahun ini kembali tidak memberangkatkan jemaah haji. Pandemi virus corona (COVID-19) dan varian barunya menjadi salah satu pertimbangan pemerintah dalam mengambil keputusan tersebut.

Berdasarkan Kepmenag yang dibacakan oleh Menag Yaqut, pemerintah Saudi disebut belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Pemerintah Saudi juga disebut belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021. Dengan demikian, Indonesia sudah tidak mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci selama dua tahun berturut-turut.

Menag Yaqut lantas mengungkapkan nasib para calon jemaah haji yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) pada tahun 2020. Para calon jemaah yang telah melunasi Bipih disebut akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022.

Di sisi lain, TNI AL dan Angkatan Laut China (PLA Navy) menggelar rapat koordinasi pengakhiran operasi salvage kapal selam KRI Nanggala-402 pada 2 Juni 2021. Rapat tersebut sekaligus menandai berakhirnya keterlibatan China dalam operasi pengangkatan KRI Nanggala-402. Seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) TNI AL di Indonesia juga secara serentak menggelar doa bersama pada 3 Juni 2021 untuk memperingati 40 hari gugurnya awak kapal KRI Nanggala-402.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait