Penuhi Kebutuhan Air Mineral
pexels/Cats Coming
Health

Karena kebiasaan buruk di masa lalu, kini Lisa harus rutin menjalani cuci darah. Ia pun tak ingin orang-orang bernasib sama dengannya. Berikut ini kiat-kiat cegah penyakit gagal ginjal versi Lisa Nadila.

WowKeren - Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah gagal ginjal adalah rutin mengonsumsi air putih. Pasalnya, jika kebutuhan air tidak terpenuhi maka ginjal akan bekerja lebih keras. Hal ini dapat memicu kerusakan organ ginjal.

Lisa mengaku dulu ia jarang minum air putih. Ia menganggap air putih itu pahit dan tidak enak. Bahkan, dalam satu hari Lisa hanya minum 1-2 gelas saja.

"Yang pasti harus selalu rajin minum air putih. Dulu aku jarang banget (minum air putih). Paling cuma satu atau dua kali," lanjut Lisa. "Kalau sekarang, sudah rutin minum air putih. Tapi, sudah enggak boleh banyak-banyak. Karena ginjalnya kan sudah rusak, jadi enggak bisa disaring. Kalau kebanyakan minum nanti sesak nafas."

Meski bukan penyebab utama, namun mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan dapat mengurangi risiko gagal ginjal. Lisa pun kini tak lelah mengingatkan orang-orang agar tidak malas minum air putih.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel