Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Kembali Dilaporkan Masuk RS Jantung
AFP/Mohd Rasfan
Dunia

Mahathir Mohamad sudah menjalani pemeriksaan medis di Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia pada pertengahan Desember 2021 kemarin. Kini Mahathir kembali menjalani prosedur serupa.

WowKeren - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali dilaporkan masuk rumah sakit. Mengutip Malay Mail, politikus kawakan berusia 96 tahun tersebut dikabarkan masuk rumah sakit khusus jantung di Malaysia, Institut Jantung Negara (IJN).

Dalam pernyataan resminya, IJN hanya menyebut bahwa Mahathir menjalani prosedur kesehatan yang tidak dijelaskan detail. Selama proses pemeriksaan medis ini, Mahathir tidak diperbolehkan menerima kunjungan.

"Tun Dr Mahathir Mohamad hari ini masuk ke IJN untuk sebuah prosedur pemeriksaan medis," ujar IJN, Sabtu (8/1). "Berdasarkan SOP yang berlaku sekarang, tidak ada pengunjung yang diizinkan mengunjungi Tun Mahathir."

Berita masuknya Mahathir Mohamad ke rumah sakit ini merupakan yang kedua kali dalam setidaknya sebulan belakangan. Sebab pada 16 Desember 2021 kemarin, Mahathir juga dilaporkan masuk IJN untuk menjalani pemeriksaan medis selama beberapa hari.



Kurang lebih sepekan Mahathir menjalani observasi kesehatan hingga akhirnya ia diizinkan keluar pada 23 Desember 2021 siang. "(Mahathir) menjalani serangkaian investigasi medis dan berakhir sesuai jadwal. Dr Mahathir dan Dr Siti Hasmah mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada semua pihak, terutama untuk mereka yang terus mendoakan sejak Dr Mahathir pertama kali masuk IJN," ujar IJN dalam pernyataan resminya kala itu.

Masuknya Mahathir ke IJN tentu mengingatkan publik dengan riwayat penyakit jantung yang dideritanya sejak beberapa tahun silam. Mahathir mengalami serangan jantung pertamanya pada 1989 ketika ia berusia 64 tahun.

Lalu pada tahun 2006, Mahathir mengalami dua kali serangan jantung. Setahun setelahnya, Mahathir menjalani operasi bypass sampai empat kali. Lalu Mahathir kembali dirawat di IJN pada 2018 karena mengalami infeksi di bagian dada.

Mahathir lalu kembali masuk IJN pada akhir 2021 kemarin dan dilanjutkan pada awal Januari 2022. Meski demikian, IJN tidak membuka hasil pemeriksaan medis yang dilakukan Mahathir pada akhir 2021 kemarin.

(wk/elva)


You can share this post!


Related Posts