GDA 2022: Penghargaan Artist of the Year untuk aespa Dipermasalahkan, Kenapa?
Twitter/aespa_official
Musik
Golden Disc Awards 2022

Penghargaan Artist of the Year pertama kali diciptakan di Golden Disc Awards tahun ini, dan dipersembahkan untuk aespa. Sejumlah netizen mempermasalahkan penghargaan ini.

WowKeren - Girl grup SM Entertaiment aespa terus mencetak prestasi membanggakan di musim penghargaan akhir tahun dengan memborong trofi di Golden Disc Awards ke-36 yang digelar pada 8 Januari 2022. Namun penghargaan Artist of the Year yang diraih Karina dan kawan-kawan dipermasalahkan oleh netizen.

Secara khusus, aespa membuat para penggemarnya bangga dengan menerima empat penghargaan, yakni Digital Song Division Bonsang, Cosmopolitan Artist Award, Best Rookie Artist dan Artist of the Year. Di antara semuanya, penghargaan Artist of the Year paling kontroversial.

Penghargaan Artist of the Year pertama kali diciptakan di Golden Disc Awards tahun ini. Kedengarannya seperti penghargaan Daesang seperti upacara penghargaan lainnya, tapi kenyataannya, Golden Disc Awards hanya memiliki dua Daesang yaitu tentang album fisik dan single digital.

GDA 2022: Penghargaan Artist of the Year untuk aespa Dipermasalahkan, Kenapa?

Source: KBizoom

Fakta bahwa aespa masuk dalam penghargaan baru ini membuat orang bertanya-tanya, kenapa pada tahun yang tepat aespa hadir GDA membuat penghargaan baru ini? San apakah aespa benar-benar pantas menyandang gelar Artist of the Year?

Selain ucapan selamat, banyak komentar dari netizen yang menyatakan ketidaksetujuan atas penghargaan ini. Netizen mempermasalahkan penghargaan ini dengan beragam alasan.


"Ini cukup lucu, bukan? MMA (Melon Music Awards) telah membuka kembali penghargaan Daesang Record of the Year meski sempat terbengkalai di tahun 2020 sementara GDA juga melahirkan penghargaan Artist of the Year," komentar netizen.

"Ini bukan Daesang tapi Artist of the Year juga merupakan nama yang bergengsi. Secara umum, aespa tidak cukup layak, mengingat pencapaian mereka dalam segala hal. Akan lebih masuk akal jika mereka menerima penghargaan ini beberapa tahun kemudian setelah mereka berhasil mencapai puncak," tambah netizen lain.

"Grup ini memiliki kekuatan yang luar biasa, bukan? Ke mana pun mereka pergi, lebih banyak penghargaan akan 'lahir,'" sindir netizen. "Jika mereka membuat penghargaan baru, mereka seharusnya menamakannya Artis Terobosan atau semacamnya. Nama ini terdengar seperti nama Daesang," tulis netizen.

"Jujur, mendengar namanya, semua orang akan berpikir itu adalah penghargaan paling bergengsi dalam sebuah upacara penghargaan. Seharusnya penghargaan ini adalah Energetic Artist of the Year, kan? Dan aku bisa memperkirakan penghargaan ini akan hilang tahun depan," sahut yang lain.

"Adakah yang membuktikan grup ini layak menyandang predikat Artist of the Year? Album dan rekaman digital mereka bukanlah yang terbaik, dan jika itu adalah kerja keras yang membuat mereka pantas mendapatkannya, artis mana pun juga pantas mendapatkannya," pungkas lainnya.

Namun, aespa tidak sepenuhnya tidak layak menerima penghargaan ini. Menurut beberapa situs berita Korea, aespa menerima penghargaan Artist of the Year di Golden Disc Award 2022 karena pada tahun lalu, grup tersebut telah berhasil mendapatkan predikat girl grup "metaverse" dengan banyak lagu hit seperti "Next Level" dan "Savage."

(wk/chus)


You can share this post!


Related Posts