HITSfluencer : Salsabilla Aria, Dari Konten Random Hingga Jadi Tutor Hijab Kekinian
Instagram/sabilarian
Selebriti
HITSfluencer

Salsabilla Aria sukses membagikan beragam inspirasi gaya hijab yang cocok untuk segala situasi. Mau tau seperti apa kekiniannya gaya hijab Billa? Intip selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Bicara soal fashion memang tidak pernah ada habisnya. Beragam tren populer selalu bisa dihubungkan dengan fashion. Saat ini, banyak sekali kreator berlomba-lomba membuat konten seputar fashion. Salah satunya adalah Salsabilla Aria, pemilik akun TikTok billovedd.

Lewat unggahannya, Billa membagikan beragam inspirasi gaya hijab yang cocok untuk segala kondisi dan acara. Karena itulah, wanita yang akrab disapa Billa ini sudah sukses mencuri perhatian lebih dari 500 ribu pengikut TikTok. Ditambah, ia juga berhasil mendapatkan lebih dari 21,2 juta likes.


Salah satu konten tutorial Billa yang sangat populer adalah saat ia menampilkan gaya simple pashmina menggunakan hoodie. Banyak followers terbantu setelah melihat video mahasiswi UPN Veteran Jakarta jurusan Kesehatan Masyarakat ini. Tak heran, unggahan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 6 juta kali penayangan.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Billa secara eksklusif berbagi pengalaman selama menjadi konten kreator fashion. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak penuturan Billa berikut ini.

(wk/yoan)

1. Rahasia Di Balik Nama Akun TikTok “billovedd


Rahasia Di Balik Nama Akun TikTok “<i>billovedd</i>”
TikTok/billovedd

Sebelumnya, Billa menggunakan nama akun Instagram-nya, @sabilarian, sebagai username TikTok. Saat itu, ia tidak pernah berniat untuk menjadi konten kreator. Ia pun iseng-iseng mengunggah video-video random mengikuti tren TikTok. Sampai suatu hari, followers penasaran dengan outfit yang dipakainya.

"One day, aku bikin video dance yang menampilkan outfit aku. Nah, di situ tiba-tiba banyak yang nanya, 'kak, tolong dong spill baju, kerudung, sama tutorial kerudungnya'," ungkap Billa. "Ya sudah, aku jawab one by one dengan spill baju, kerudung, dan tutorialnya. Di tutorial itu, benar-benar blow up banget sampai jutaan views-nya."

Sejak videonya viral, semakin banyak pengikut yang menanti konten-konten Billa selanjutnya. Ia pun jadi rajin mengunggah konten tutorial. Karena ingin menjajal dunia baru, Billa pun memutuskan untuk mengubah username TikTok-nya. Ia tak segan meminta rekomendasi nama kepada followers saat melakukan live di TikTok.

"Namaku Salsabilla. One day, aku ingin dipanggil Billa, bukan Salsa. Jadi, aku iseng nge-live sore-sore terus ngobrol sama orang-orang (followers) yang ikutan live aku. Aku tanya, 'guys, apa ya nama yang bagus kalau misalkan depannya Billa?'" lanjut Billa. "Ada satu orang nyaranin nama billoved. Terus aku, 'ih bagus juga'. Jadi, sebenarnya itu saran dari audiensku."

2. Makin Cinta Fashion Gara-Gara Konten


Makin Cinta <i>Fashion</i> Gara-Gara Konten
TikTok/billovedd

Semakin hari, Billa semakin serius membuat konten. Ia pun berinisiatif menambahkan intro agar kontennya lebih menarik. Billa akhirnya membuat intro "Another Day, Another Tutorial" bersuara lembut yang menjadi ciri khasnya. Sayangnya, Billa terpaksa harus menghilangkan intro khasnya karena suatu hal.

"Pas aku pakai konsep video itu, dulu aku pakai masker terus voice over (VO). Sekarang, aku bikin tutorial pakai muka full, dan aku enggak memasukkan VO," beber Billa. "Karena kalau aku VO, jadi cepat banget. Jadi, aku menghilangkan dulu 'Another Day, Another Tutorial'. Sejujurnya, aku ingin pakai intro itu lagi. Karena memang mereka (followers) ngeh sama opening itu."

Keseriusan Bella menekuni dunia konten kreator membuatnya makin jatuh cinta pada fashion. Ia pun berencana untuk mengembangkan konten menjadi beragam variasi. Seperti mix and match pakaian dan konten beauty mulai dari skincare hingga makeup.

"Aku jadi tambah suka fashion setelah bikin konten. Jadi, aku enggak mau cuma bikin konten tutorial hijab saja. Aku akan merambah ke dunia fashion yang baju. Seperti styling dari atas sampai bawah, baju, sepatu, mix and match," harap Billa. "Aku juga ingin konten-konten aku lebih bervariasi. Ada beauty, skincare, dan makeup. Jadi, teman-teman enggak terfokus sama tutorial saja, tapi banyak hal lain yang aku sajikan."

3. Totalitas Membuat Konten Tutorial


Totalitas Membuat Konten Tutorial
TikTok/billovedd

Saat membuat konten, Billa sering mendapatkan request tutorial hijab dari pengikutnya. Untuk menjawab request, tak jarang Billa sampai harus mencari referensi terlebih dahulu.

"Mukaku kan agak lonjong gini kan, jadi aku sudah mengerti gimana caranya tutorial hijab buat muka lonjong untuk aku kasih ke mereka (followers) tips-tipsnya," ujar Billa. "Tapi, kalau misalkan ada request muka yang bulat, biasanya aku cari dulu referensi dari orang-orang yang mukanya bulat, seperti apa sih tutorial hijabnya."

Totalitas Billa dalam membuat konten juga dibuktikan saat ia mendapatkan request gaya hijab yang aman untuk naik motor. Sebelum mengunggah video tutorial, Billa tak segan memastikan terlebih dahulu gaya hijabnya benar-benar aman. Hingga kini, tutorial gaya hijab motor Billa menjadi konten yang paling banyak ditonton dengan lebih dari 8 juta kali penayangan.

4. Tantangan Agar Selalu Berpikir Kreatif


Tantangan Agar Selalu Berpikir Kreatif
TikTok/billovedd

Memenuhi ekspektasi penonton untuk selalu mengunggah video adalah hal yang tidak mudah. Apalagi tutorial hijab merupakan konten yang sangat spesifik. Billa pun sering kehabisan ide sampai enggan membuat konten.

"Karena proses pembuatannya enggak cuma lima menit selesai, tapi ada banyak proses. Mulai dari cari ide, ngepraktikin, lighting, dan lain-lain. One day, aku pernah mikir, 'enggak usah nge-TikTok lagi lah'," bongkar Billa. "Menurut aku, setiap konten kreator yang kontennya spesifik di satu hal pasti pernah kehabisan ide. Jadi, ini sebuah tantangan tersendiri buat aku nge-challenge diri dan melatih otakku untuk berpikir kreatif."

Saat itu terjadi, Billa memilih rehat sejenak sembari mencari referensi dan inspirasi dari kreator lain di YouTube, Instagram, dan TikTok. Selain itu, dukungan semangat dari orang-orang terdekat juga membantu Billa semangat membuat konten lagi.

"Waktu itu, keluarga dan teman-teman dekat aku tanya, 'kenapa kok berhenti? Enggak usah. Kalau capek, istirahat, jangan berhenti'. Mereka sering banget ngomong gitu," lanjut Bila. "Terus akhirnya aku mikir, 'oh iya bener juga kalau capek istirahat, jangan berhenti'. Setelah itu, aku jadi jalanin dengan enjoy dan fun."

5. Percaya Diri Adalah Kunci Tampil Cantik


Percaya Diri Adalah Kunci Tampil Cantik
TikTok/billovedd

Setelah menerapkan tutorial hijab Billa, seseorang harus punya rasa percaya diri agar terlihat lebih cantik. Pasalnya, rasa percaya diri akan menambah aura kecantikan menjadi lebih bersinar.

Menurut Billa, rasa percaya diri akan tumbuh apabila selalu berpikir positif. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan sugesti lewat kalimat-kalimat yang baik. Berkat sugesti positif inilah, Billa bisa selalu tampil percaya diri dengan gaya hijab yang dikenakannya.

"Aku sering bilang ke diriku sendiri, 'lo itu cantik'. Suggest omongan ke otak kita itu pasti bakalan nyambung dan pasti akan terjadi ke diri kita sendiri. Jadi harus yakin dulu nih kalau kita itu cantik," pesan Bila. "Kalau kitanya enggak yakin, gimana bisa yakinin orang lain kalau kita cantik? Jadi harus dari dalam diri sendiri dulu."

6. Tips Buat Konten yang Estetik


Tips Buat Konten yang Estetik
TikTok/billovedd

Sebelum membuat konten yang estetik, seorang kreator harus mengetahui benar-benar apa yang diinginkan audiensnya. Begitu pula yang dilakukan oleh Billa. Sebelum membuat konten, ia selalu menyesuaikan dengan keinginan followers-nya.

Agar hasil video terlihat lebih estetik, Billa menyarankan untuk benar-benar memerhatikan tata cara pengambilan gambar hingga pencahayaan videonya. Jika masih merasa kesusahan, mencari referensi dengan belajar dari kreator yang lebih berpengalaman adalah jalan keluar terbaik.

"One thing yang harus dilakukan kalau punya impian, kalian harus mulai dulu. Kalau enggak mulai, kalian enggak bakalan bisa mencapai impian itu," pesan Billa. "Minta saran dan pendapat dari orang-orang sekitar. Hasil akan mengikuti, kan hasil enggak akan mengkhianati proses."

7. Bahagia Bisa Bermanfaat untuk Orang Lain


Bahagia Bisa Bermanfaat untuk Orang Lain
TikTok/billovedd

Billa sangat bersyukur bisa sampai di titik saat ini. Ia juga bahagia bisa menggunakan media sosial bukan hanya untuk hiburan saja, melainkan juga memberikan impact yang bermanfaat bagi orang-orang yang menonton.

"Aku senang banget ketika melihat komen, 'thanks ya kak, gara-gara Kak Billa aku jadi ingin pakai hijab',” beber Bila. “Berarti kan video aku yang enggak sampai 60 detik ini bisa memengaruhi orang lain. Jadi, aku merasa ternyata impact-nya ada, mereka berubah karena video aku."

Sejauh ini, Billa tidak punya target atau impian khusus. Selama kontennya masih bisa dinikmati dan berguna untuk orang lain, ia merasa itu adalah sebuah pencapaian. Billa berharap agar dirinya bisa terus menebar manfaat lewat konten. Ia akan merasa sedih dan gagal jika kontennya sudah tidak memberikan pengaruh positif kepada orang lain.

You can share this post!