Digelar 4 Juni, Sirkuit Formula E DKI di Ancol Baru Mulai Dibangun Awal Februari
AFP/Kenzo Tribouillard
Nasional
Kontroversi Formula E

PT Jakarta Propertindo mengungkap proyek pengaspalan sirkuit Formula E DKI di Ancol ditarget selesai dalam 3 bulan. Sementara itu balap mobilnya sendiri digelar 4 Juni 2022.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terus melakukan persiapan jelang Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang. Salah satunya membangun sirkuit di Ancol, Jakarta Utara.

Memasuki masa lelang tender, Jakpro menegaskan bahwa sirkuit akan mulai dibangun pada awal Februari 2022. "Jadi setelah diumumkan (pemenang tender) kami mulai jalan Februari awal," tutur Direktur Pengelolaan Aset Jakpro, Gunung Kartiko, di Balai Kota Jakarta, Rabu (12/1).

Sebagai informasi, pendaftaran peserta lelang tender sudah dibuka pada 5 Januari 2022 dengan harga perkiraan sendiri (HPS) pembangunan sirkuit mencapai Rp50,15 miliar. Menurut Gunung Kartiko, tender saat ini masih dalam proses dan pemenangnya akan segera diumumkan, baru setelahnya sirkuit dibangun.

Perihal pembangunan sirkuit, Gunung Kartiko optimis lintasan balap kendaraan listrik itu bisa selesai sesuai target yakni 3 bulan. "Memang tiga bulan selesai," tegas Gunung Kartiko, sehingga pada 4 Juni 2022 sirkuit sudah bisa digunakan.


Gunung Kartiko juga mengklaim bahwa pihaknya memiliki banyak waktu untuk membangun sirkuit tersebut. "Kalau dipikir, dari Juni tarik ke depan kan masih cukup waktunya," katanya.

Setelah pembangunan selesai, Federasi Balap Mobil Listrik (FIA) akan melakukan pengecekan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan sirkuit sebelum mendapatkan sertifikasi dan tentu saja bisa dipakai untuk menggelar Formula E.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa pendaftaran lelang tender pembangunan sirkuit Formula E sudah ditutup. "Pendaftaran lelang sudah ditutup," jelas Ariza di Balai Kota Jakarta, Selasa (11/1).

Ariza mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto. Hanya saja wakil Anies Baswedan tersebut tidak bisa memastikan kontraktor yang terpilih dalam lelang dan menyarankan awak media untuk mengonfirmasi terkait detail lelang langsung kepada Jakpro.

Di sisi lain pemilihan lokasi sirkuit Formula E DKI Jakarta beberapa kali mendapat kritikan. Mulai dari Komisi B DPRD DKI Jakarta hingga Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts