Letusan Gunung Berapi di Tonga Picu Peringatan Tsunami Sejumlah Negara, Indonesia Ikut Terdampak?
Unsplash/Ray Harrington
Nasional

Menurut Pacific Tsunami Warning Center atau PTWC, erupsi gunung berapi itu berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea, dan juga Australia.

WowKeren - Letusan gunung berapi bawah laut di dekat Tonga pada Sabtu (15/1) menyebabkan sejumlah negara mengeluarkan peringatan tsunami, mulai dari Jepang, Amerika Serikat, hingga Australia. Lantas, apakah Indonesia turut terdampak letusan gunung api tersebut?

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, letusan gunung api di Tonga memang memicu tsunami di sejumlah wilayah. Hanya saja, Dwikorita menyatakan bahwa Indonesia tidak akan ikut terdampak fenomena tersebut.

"Letusan gunung api di wilayah Tonga 15 Januari 2022 memicu tsunami. Tetapi tidak berdampak di wilayah Indonesia," jelas Dwikorita pada Minggu (16/1).

Menurut Pacific Tsunami Warning Center atau PTWC, erupsi gunung berapi itu berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea, dan juga Australia. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, lantas mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil observasi PTWC, tsunami dengan ketinggian 67 cm telah terjadi di wilayah Twofold Bay, Australia, pada hari Sabtu.


Tsunami dengan ketinggian 20 cm juga telah terjadi di wilayah Lombrum Manus Island, Papua New Guinea, pada Sabtu kemarin. Meski demikian, Bambang menyatakan bahwa hasil observasi BMKG memastikan Indonesia tak ikut terdampak bencana tsunami tersebut.

"Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh BMKG, letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," paparnya. "Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia."

Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia diminta untuk terus tenang dan tak terpengaruh informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. BMKG mengimbau masyarakat untuk memantau informasi seputar gempa dari media sosial dan aplikasi mereka.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

Di sisi lain, pantai Pasifik Jepang juga telah dihantam tsunami imbas erupsi gunung api tersebut. Tsunami setinggi 1,2 meter teramati di kota Amami sesaat sebelum Sabtu tengah malam. Sementara tsunami 1,1 meter tiba di Prefektur Iwate pada Minggu pukul 02.26 dini hari.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts