Segera Konsultasi ke Dokter sebagai Penanganan Awal
Health

Orang yang hidup dengan OCD biasanya mengalami obsesi, atau pikiran berulang yang tidak diinginkan yang memicu dorongan ekstrem untuk mengulangi perilaku tertentu.

WowKeren - Langkah pertama yang harus dilakukan ketika merasakan gejala-gejala OCD adalah berkonsultasi dengan dokter atau terapis. OCD bisa ditangani dengan pengobatan tertentu atau melalui terapi. Beberapa obat psikotropika yang berbeda dapat membantu mengurangi gejala OCD seperti Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI).

SSRI terkadang memerlukan waktu antara 8 hingga 12 minggu untuk memperlihatkan efek. Oleh sebab itu, tetaplah minum obat sesuai petunjuk meskipun tidak segera melihat perbaikan. Terapi juga terkadang direkomendasikan untuk menangani gangguan ini.

Pendekatan terapi yang direkomendasikan untuk OCD meliputi terapi perilaku kognitif (CBT). CBT dapat membantu penderita OCD belajar mengidentifikasi dan membingkai ulang pola pikiran dan perilaku yang tidak diinginkan atau negatif. Selain itu, terapi kognitif berbasis kesadaran juga bisa menjadi opsi mengingat hal ini melibatkan belajar keterampilan perhatian untuk mengatasi kesusahan yang dipicu oleh pikiran obsesif.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait