Eks Menteri Agama Malaysia Bikin Bingung Usai Sebut Penguin Menggemaskan dan Halal Dikonsumsi
SerbaSerbi

Politikus Partai Islam Malaysia itu mengatakan bahwa penguin menggemaskan dan halal. Beberapa jenis penguin terancam punah sehingga ia mengajak orang untuk melestarikannya.

WowKeren - Mentan Menteri Agama Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri baru-baru ini ramai menjadi buah bibir di jagat maya Twitter. Hal itu terjadi usai ia menyatakan bahwa penguin adalah hewan yang tak hanya menggemaskan namun juga halal untuk dikonsumsi.

Cuitan itu ia buat pada Selasa (25/1), menjawab pertanyaan dari salah seorang pengguna Twitter. Pengguna tersebut bertanya tentang potensi "hukuman" dari mengonsumsi daging penguin dari sudut pandang agama.

Mulanya, politikus Partai Islam Malaysia (PAS) itu mengatakan bahwa penguin menggemaskan dan halal. Ia menambahkan bahwa beberapa jenis penguin terancam punah sehingga mengajak orang untuk melestarikannya.

"Menggemaskan dan halal," tulisnya di Twitter. "Namun ada sebagian spesiesnya seperti penguin kaisar sedang terancam. Mari kita bersama lindungi mereka."


Tak pelak, pernyataan itu membuat publik Malaysia bingung. Pasalnya, ada yang menganggap bahwa penguin adalah hewan yang hidup di dua alam. Tak sedikit pula warganet yang menyertakan meme lucu menanggapi pernyataan mantan menteri itu.

"Sulit untuk menentukan apakah penguin hidup di dua alam atau tidak, dan itu sangat lucu, bukan?" tanya seorang warganet. "Kesimpulannya jangan dimakan, masih ada banyak hewan lain yang halal dikonsumsi, biarlah penguin hidup makmur dan bahagia."

"Bukankan itu hewan yang hidup di dua alam? Saya bingung," tanya warganet. "Hewan dua alam maksudnya bisa bernapas di darat dan air, memang penguin bisa bernapas di air?" sahut yang lain. "Jangan sampai ada yang mencari daging penguin di Mydin. Kami tidak jual," sahut jaringan supermarket populer di Malaysia.

"Mungkin tidak apa-apa jika dalam keadaan darurat tapi saya tak sampai hati mau makan penguin," kata yang lain. "Siapa pula yang mau makan penguin," keluh yang lain kesal. "Bagaimana cara menyembelihnya, penguin bahkan tak punya leher," kelakar warganet.

Dalam kolom komentar, Zulkifli juga menjelaskan bahwa penguin tak termasuk hewan dua lama. Ia termasuk burung air yang halal dimakan, menurut salah satu mazhab.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait