Anggota Kru Dinyatakan Positif COVID-19, Royal Caribbean Batalkan Pelayaran Saat Libur Imlek 2022
Dunia

Adapun jadwal keberangkatan kapal tersebut yang dibatalkan saat masa liburan Imlek 2022 adalah pada 31 Januari dan 3 Februari mendatang. Saat ini pelayaran pun dibatasi jumlahnya.

WowKeren - Selama liburan Tahun Baru China atau Imlek 2022, dua kapal pesiar Quantum of the Sea yang akan berangkat berlayar telah dibatalkan. Hal ini lantaran ada anggota kru yang mengoperasikan perjalanan sebelumnya dinyatakan positif COVID-19.

Menurut pernyataan dari Royal Caribbean International yang mengoperasikan Quantum of the Seas, jumlah awak yang dites positif COVID-19 berjumlah kurang dari 0,6 persen dari komunitas on board pada pelayaran 27 Januari 2022. Maka dari itu, pelayaran yang dijadwalkan pada 31 Januari dan 3 Februari 2022 telah dibatasi.

Adapun infeksi COVID-19 itu terdeteksi melalui pengujian rutin yang dilakukan oleh jalur pelayaran. Mereka yang dinyatakan positif pun segera diisolasi, serta bagi mereka yang melakukan kontak dekat juga dikarantina dan diuji. Hal ini disampaikan oleh operator pelayaran.

Anggota kru kapal yang dinyatakan positif COVID-19 itu diketahui telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap dan tidak menunjukkan gejala atau mengalami gejala ringan. Imbas ditemukannya kasus COVID-19 di lingkungan kapal, maka Royal Caribbean menyampaikan bahwa kapal tersebut akan melakukan desinfektan dan pembersihan mendalam sesuai dengan protokol keselamatannya.


"Kami menyesal harus membatalkan liburan yang telah lama ditunggu-tunggu para tamu dan menghargai kesetiaan dan pengertian mereka," bunyi pernyataan pihak Royal Caribbean, dilihat pada Senin (31/1). "Kami membuat keputusan yang bijaksana berdasarkan keadaan Covid-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia."

Sementara itu, pada unggahan Facebook tentang pembatalan pelayaran kapal di masa liburan Imlek 2022 oleh Singapore Cruise Society, ada salah seorang penumpang kapal yang berlayar pada 27 Januari 2022, turut berkomentar.

"Semuanya berjalan lancar di atas kapal dan meskipun staf lebih sedikit, bisnis seperti biasa dan para kru tampaknya bersemangat," tulis penumpang tersebut. "Meskipun membaca berita ini (pembatalan pelayaran saat liburan Imlek 2022) saat sarapan agak mengejutkan."

Atas pembatalan pelayaran tersebut, maka tamu yang dijadwalkan berlayar pada 31 Januari 2022, akan menerima pengembalian dana penuh, ditambah 100 persen Future Cruise Credit. Sementara untuk mereka yang memesan pelayaran pada 3 Februari 2022, akan menerima pengembalian dana penuh atau Future Cruise Credit 125 persen.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru