Bandingkan dengan Ulama Lain, Dorce Gamalama Puji Nasihat Buya Yahya Soal Transgender
Instagram/dg_kcp
Selebriti

Dorce Gamalama memuji sikap dan nasihat bijak Buya Yahya terkait kelompok transgender. Hal ini berkaitan dengan wasiatnya yang bikin heboh lantaran ingin dimakamkan secara perempuan.

WowKeren - Dorce Gamalama sempat menyentil para ustaz yang menentang wasiatnya soal ingin dimakamkan sebagai seorang perempuan. Ketimbang ulama-ulama lainnya, Dorce mengaku lebih hormat kepada Buya Yahya. Lewat unggahan di Instagram, Dorce mengungkapkan rasa hormatnya pada Buya Yahya.

"Assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh, saya sangat hormat, dan hormat kepada Buya Yahya, dibanding dengan yang lain-lain," kata Dorce dalam unggahannya, Senin (31/1).

Selain itu, artis yang pernah melakukan operasi perubahan kelamin tersebut memuji Buya Yahya dan menyebut beberapa kelebihan Pengasuh LPD Al-Bahjah Cirebon itu menurut versinya. Salah satu yang membuat Dorce salut adalah sikap Buya saat memberikan tausiyah terkait transgender.

"Buya Yahya adalah ulama yang luar biasa yang penuh jiwa sosial, yang penuh jiwa hati jiwa besar, yang tidak menjatuhkan orang, yang tidak menghujat orang, yang tidak mencaci orang, yang tidak memaki orang," paparnya.

"Terima kasih Buya Yahya, bagaimana pun nanti hamba akan serahkan kembali kepada Allah Subanahu Wata'ala. Terima kasih Buya Yahya," ujar Dorce mengakhiri videonya.


Sementara itu dalam sebuah ceramah, Buya Yahya sendiri pernah membahas mengenai perubahan kelamin yang dilakukan oleh laki-laki untuk menjadi perempuan ataupun sebaliknya. Video ceramah itu berkali-kali diunggah ulang oleh beberapa kanal Youtube dan disangkutpautkan dengan pernyataan Dorce yang berkeinginan dimakamkan secara perempuan.

"Laki-laki bener dia punya alat laki-laki, diubah jadi perempuan. Ya nggak bisa tetap dia laki-laki atau sebaliknya perempuan, tetep perempuan," ucap Buya Yahya tegas.

Namun yang perlu diingat di sini adalah, orang yang sudah mengganti alat kelamin menurut Buya Yahya masih memiliki iman. "Dan dia tetep ahli iman. Bukan keluar dari iman," lanjutnya.

Tak ingin menghakimi, Buya Yahya justru mendoakan orang-orang tersebut agar diampuni dosanya oleh Allah SWT saat meninggal. "Kalau meninggal, ya semoga Allah ampuni," ucap Buya Yahya.

Mungkin ini salah satu yang membuat Dorce Gamalam salut pada Buya Yahya. Bahwa sang ulama mengaku ingin bertemu secara langsung dengan orang-orang transgender dan ingin berbicara dari hati ke hati.

"Jika ada yang bisa menyambungkan saya dengan temen-teman yang diuji oleh Allah dengan hal-hal semacam itu, kami ingin ngobrol dengan mereka secara khusus. Bukan untuk dihinakan lalu dilaknatkan, ndak," tutup Buya Yahya. "Karena ada suatu hal yang berbeda dalam dirinya,yang perlu dibenahi, bahkan mentalnya atau macem-macem. Jadi jangan biasa mencaci maki, mengolok-olok."

Namun, Buya Yahya tetap menitip pesan kepada siapa pun agar tidak melakukan operasi perubahan kelamin lantaran dosa yang besar. Tak lupa ia meminta masyarakat umum, supaya tidak menghujat kelompok tersebut dan merasa bahwa dirinyalah yang paling benar.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait