Berlian Hitam Terbesar di Dunia Terjual dengan Uang Kripto, Diyakini Berusia 2 Miliar Tahun Lebih
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Enigma merupakan sebuah berlian hitam langka yang diyakini telah terbentuk saat meteorit atau asteroid menghantam bumi pada lebih dari 2,6 miliar tahun lalu.

WowKeren - Berlian terbesar di dunia, The Enigma telah dilelang di London pada Rabu (9/2). Berlian dengan berat 555 karat itu terjual seharga 3,16 juta pound sterling (Rp61 miliar).

The Enigma merupakan sebuah berlian hitam yang langka atau disebut carbonado yang diyakini telah terbentuk saat meteorit atau asteroid menghantam bumi pada lebih dari 2,6 miliar tahun lalu. Berlian itu terjual lewat lelang online yang diadakan oleh rumah lelang terkemuka London, Sotheby.

Sotheby mengumumkan kabar itu melalui akun Twitter. Dalam cuitannya, rumah lelang tersebut mengatakan bahwa sang pembeli memilih metode pembayaran menggunakan mata uang kripto. Sotheby memang sebelumnya juga mengumumkan bahwa lelang itu akan menerima pembayaran dengan metode tersebut.

Berlian hitam biasanya ditemukan di dekat permukaan bumi dan merupakan salah satu zat atau benda yang sangat sulit untuk dipotong. Berlian itu sebelumnya tidak pernah dipamerkan oleh pemiliknya yang tidak disebutkan namanya selama 20 tahun terakhir.


"Diperkirakan bahwa jenis berlian hitam khusus ini diciptakan entah dari dari dampak meteorik yang menghasilkan deposisi uap kimia alami," kata Sotheby. "Atau berasal dari luar bumi - dari ledakan supernova yang membentuk asteroid bantalan berlian yang akhirnya bertabrakan dengan Bumi."

Perlu waktu tiga tahun bagi para ahli untuk mengubah berlian kasar menjadi permata dengan 55 sisi. Sebelum datang ke London, permata itu sempat dipamerkan di Dubai dan Los Angeles.

Mr Tobias Kormind, direktur pengelola toko perhiasan online terbesar di Eropa, Mayfair, mengatakan bahwa Enigma adalah berlian yang tak tertandingi dengan segala kelebihannya.

"Ukuran, bentuk, dan sumber berlian Enigma membuatnya menjadi terobosan yang menakjubkan," tambahnya. "Kebanyakan berlian dipotong menjadi salah satu dari 10 bentuk populer tetapi bentuk Enigma menyerupai tangan."

Adapun bentuk Enigma terinspirasi dari simbol kekuasaan dan perlindungan berbentuk telapak tangan Timur Tengah, Hamsa, yang juga diasosiasikan dengan angka lima. Enigma bukan berlian berkualitas permata. Carbonado umumnya digunakan untuk pengeboran karena sifatnya yang sangat keras.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait