Aksi Eminem Bertekuk Lutut Saat Tampil di Super Bowl 2022 Tuai Kontroversi, Ada Makna Khusus?
AFP/Valerie Macon
Musik

Eminem tampaknya melanjutkan gerakan Colin Kaepernick yang dimulai bertahun-tahun yang lalu dengan berlutut selama pertunjukan paruh waktu Super Bowl 56.

WowKeren - Sederet artis papan atas turut tampil di acara Super Bowl 56 halftime show yang digelar pada Minggu (13/2) waktu setempat. Super Bowl merupakan acara pertandingan yang sangat dinanti-nanti warga Amerika Serikat setiap tahunnya.

Tak pelak, acara itu tak ketinggalan dimeriahkan dengan mengundang penyanyi kondang. Salah satunya Eminem. Selama tampil di acara itu, ada satu hal yang menjadi sorotan dari penyanyi tersebut.

Eminem tampaknya melanjutkan gerakan Colin Kaepernick yang dimulai bertahun-tahun yang lalu dengan berlutut selama pertunjukan paruh waktu Super Bowl 56. Setelah membawakan lagunya yang berhasil menyabet Piala Oscar dan Grammy "Lose Yourself" pada hari Minggu di SoFi Stadium, Eminem berlutut dan memegang kepalanya.

Sejumlah laporan mengatakan bahwa aksi tersebut bertentangan dengan keinginan NFL. Namun, seorang juru bicara mengatakan kepada reporter USA Today Mike Freeman bahwa "NFL menyaksikan setiap latihan minggu ini dan elemen itu disertakan."


Sebagaimana diketahui, mantan quarterback Kaepernick mulai melakukan aksi itu saat lagu kebangsaan dimainkan di awal setiap pertandingan NFL-nya untuk memprotes ketidakadilan rasial, kebrutalan polisi, dan penindasan sistemik. Hal itu ia lakukan pada musim pertandingan tahun 2016 lalu.

Tahun berikutnya, Kaepernick memilih keluar dari kontraknya dengan San Francisco 49ers. Sejak itu, dia tidak dapat menandatangani kontrak dengan tim NFL mana pun.

Kaepernick dan sesama pengunjuk rasa Eric Reid mengajukan keluhan kepada liga pada Oktober 2017 yang menuduh pemilik berkolusi untuk mencegahnya menandatangani kontrak dengan tim. Pada tahun 2020, komisaris NFL Roger Goodell membahas penanganan liga terhadap protes Kaepernick dan mengeluarkan permintaan maaf.

Sementara itu selama pertunjukan, Eminem tampil bersama Dr. Dre, Mary J. Blige, Kendrick Lamar, Snoop Dogg dan tamu kejutan 50 Cent. Rapper itu mengatakan dia tidak mengantisipasi betapa rumitnya visi Dr. Dre untuk pertunjukan itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru