Birthday Spotlight: Happy Kim Soo Hyun Day
Seoul Economic TV/Bae Yo-han
Selebriti

Untuk merayakan ulang tahun Kim Soo Hyun yang jatuh pada Rabu (16/2) lalu, tim redaksi WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier hingga kehidupan asmara bintang 'It's Okay to Not Be Okay' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Kim Soo Hyun, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier pemeran utama "My Love From the Star" tersebut.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Kim Soo Hyun. Aktor tampan kelahiran 1988 ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Dream High", "The Moon Embracing The Sun", "My Love From the Star", "It's Okay to Not Be Okay" dan masih banyak lagi

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Kim Soo Hyun di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Kim Soo Hyun lahir pada 16 Februari 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ia merupakan anak tunggal di keluarganya dan dibesarkan oleh seorang ibu tunggal.

Ayahnya adalah seorang penyanyi utama dari band Seven Dolphins yang terkenal di era tahun 1980-an. Namun dia memilih untuk meninggalkan keluarganya saat Kim Soo Hyun masih sangat kecil.

Kim Soo Hyun adalah anak yang sangat pemalu saat masih kecil, karena itulah sang ibu menyuruhnya untuk mengikuti kelas akting. Saat duduk di bangku SMP dan SMA, dia tampil di teater A Midsummer Night's Dream karya Shakespeare dan Grease dan Hamlet. Ia lulus SMA tahun 2006 dan mulai muncul di layar kaca pada tahun berikutnya.

2. Debut


Debut
MBC

Kim Soo Hyun memulai debutnya di layar kaca pada tahun 2007 dengan membintangi sitkom MBC yang berjudul "Kimchi Cheese Smile". Sitkom ini berpusat di sekitar kehidupan keluarga yang memiliki pola pikir berbeda.

Di satu sisi, ada keluarga yang seperti kimchi karena memiliki pemikiran populer dan konservatif dan di sisi lain ada keluarga yang seperti keju karena berasal dari kelas atas dan penuh gaya. Dengan kelas dan pandangan hidup yang kontras, kedua keluarga tersebut mengalami berbagai hal menarik saat dipersatukan melalui ikatan pernikahan.

Dalam drama ini, Kim Soo Hyun berperan sebagai karakter pendukung yang juga bernama Kim Soo Hyun. Karena dia menunjukkan kemampuan akting yang mumpuni, penampilannya dalam drama ini sukses memikat hati pemirsa.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
KBS2

Meski telah debut di tahun 2007, nama Kim Soo Hyun benar-benar melambung empat tahun kemudian saat dia membintangi drama KBS "Dream High". Drama ini mengalami kesuksesan besar, tak hanya di Korea, namun juga luar negeri. Otomatis, Kim Soo Hyun yang berperan sebagai salah satu karakter utama ikut merasakan imbasnya.

"Dream High" merupakan drama yang berfokus pada enam siswa yang bermimpi menjadi penyanyi terkenal. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, mereka harus melalui perjalanan panjang dan berliku.

Kim Soo Hyun berperan sebagai Song Sam Dong, seorang pemuda polos dari desa namun sangat pandai bernyanyi. Dia akhirnya menjadi musisi terkenal setelah berhasil mengatasi masalahnya.

Drama ini tak hanya melambungkan nama Kim Soo Hyun, namun juga mengantarnya meraih beberapa penghargaan akting. Termasuk Best New Actor, Popularity Actor Award, Best Couple Award bersama Suzy di KBS Drama Awards 2011 dan masih banyak lagi.

Sejak saat itu, nama Kim Soo Hyun semakin diperhitungkan di industri hiburan Korea Selatan. Drama-drama yang dia bintangi setelahnya kerap meraih kesuksesan dan kini dia dikenal sebagai aktor dengan bayaran termahal di negaranya.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Instagram/goldmedalist_official

Kim Soo Hyun pernah digosipkan berpacaran dengan sejumlah selebriti cantik. Mulai dari Suzy, Yoona SNSD (Girls' Genration), Sohee, Nana dan masih banyak lagi.

Rumor kencan Kim Soo Hyun dan Suzy muncul karena chemistry mereka yang kuat saat membintangi "Dream High". Bahkan sempat ada gosip yang mengatakan bahwa Suzy sangat menyukai Kim Soo Hyun. Namun rumor itu dengan cepat berlalu usai Suzy mengklarifikasi bahwa hubungannya dengan Kim Soo Hyun sebatas teman dekat.

Selanjutnya adalah rumor kencan Kim Soo Hyun dan Yoona. Pada awalnya ada sebuah berita yang mengatakan bahwa ada seorang wanita yang menyebut Kim Soo Hyun memiliki kepribadian yang buruk, sehingga perasaannya berubah dan mereka putus. Netizen Korea mengklaim bahwa wanita itu adalah Yoona.

Rumor ini sempat ramai diperbincangkan dan bahkan ada komentar yang berbunyi, "Itu benar. Kim Soo Hyun dan Yoona sempat berkencan, wartawan menangkap momen keduanya. Mereka juga bertanya pada Yoona mengenai perihal curhatannya tersebut." Meski agensi keduanya tidak ada yang mengkonfirmasi kebenaran rumor tersebut, netizen tetap yakin jika mereka pernah berpacaran.

Gosip kencan Kim Soo Hyun dengan Sohee eks Wonder Girls sempat mengejutkan banyak pihak. Keduanya diduga sempat menjalin hubungan selama satu tahun usai Sohee pindah ke agensi lama Kim Soo Hyun, KeyEast Entertainment.

Rumor itu diperkuat dengan pengakuan dari seorang tetangga yang tinggal di apartemen yang sama dengan Sohee. Menurut tetangga tersebut, mereka sering bertemu di apartemen Sohee yang berlokasi di Yongsan.

Tak hanya itu, keduanya bahkan sempat dikabarkan akan menikah pada bulan April 2016. Rumor ini berakhir setelah agensi memberi bantahan tegas.

Setelah diterpa rumor kencan dengan Sohee, Kim Soo Hyun kembali digosipkan berkencan dengan selebriti cantik yaitu Sandara Park. Rumor ini muncul usai seorang netizen mengaku bahwa dia melihat Kim Soo Hyun dan Sandara Park makan malam bersama. Meski tak ada bukti pendukung, banyak yang mempercayai rumor tersebut karena Sandara Park beberapa kali muncul sebagai cameo di drama Kim Soo Hyun.

Artis cantik berikutnya yang sempat digosipkan berpacaran dengan Kim Soo Hyun adalah Nana. Gosip ini bermula ketika Nana menyebut Kim Soo Hyun sebagai tipe laki-laki idealnya. Kim Soo Hyun juga sering menyebut jika Orange Caramel (sub unit After School yang juga beranggotakan Nana) sebagai favoritnya. Namun, Nana langsung membantah rumor tersebut saat tampil di acara "Beatles Code 3D".

Terakhir, wanita yang sempat dirumorkan berpacaran dengan Kim Soo Hyun adalah Seo Ye Ji, rekan seagensi sekaligus lawan mainnya di "It's Okay to Not Be Okay". Saat dramanya tayang, mereka dicurigai sedang berpacaran karena memiliki chemistry yang kuat.

Rumor itu kembali muncul saat netizen menengok kembali blind item yang berkaitan dengan selebriti wanita dan pacar-pacar selebritisnya. Menurut artikel, aktris G terkenal karena sepenuhnya mendominasi dan mengendalikan pacar selebritisnya baik secara fisik maupun mental. Kim Soo Hyun dicurigai sebagai aktor J yang merupakan salah satu pacar G.

Ada banyak netizen yang mempercayai rumor ini, khususnya karena YouTuber sekaligus mantan reporter Kim Yong Ho, sempat menyebutkan rumor kencan keduanya pada Juni 2020. Kendati demikian, rumor ini akhirnya berlalu begitu saja.

5. Kontroversi


Kontroversi

Kim Soo Hyun dikenal sebagai aktor dengan kepribadian baik yang jarang terlibat skandal meski telah berkarier selama belasan tahun. Namun pada tahun 2014, dia sempat terlibat kontroversi bersama Jun Ji Hyun yang menjadi lawan mainnya di drama "My Love From the Star".

Kontroversi itu bermula ketika Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun didapuk sebagai bintang iklan air minum asal Tiongkok. Masalah yang membuat publik Korea marah adalah penggunaan nama gunung dalam iklan tersebut.

Perusahaan pengiklan, Hongda Bingchuan Company, menyebutkan bahwa sumber mata air yang digunakannya berasal dari gunung Changbai. Nama itu merupakan sebutan orang Tiongkok untuk gunung yang disebut orang Korea dengan "Baekdu". Sedangkan gunung Changbai alias Baekdu itu berada di perbatasan Korea Utara dan Tiongkok.

Penggunaan nama Changbai ini dianggap warga Korea sebagai aksi Tiongkok untuk mengklaim bahwa gunung itu milik mereka. Netter pun menuding Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun lebih membela Tiongkok dibanding negaranya sendiri demi uang.

Untungnya kontroversi ini berakhir dengan baik. Kemarahan netizen pada Kim Soo Hyun perlahan mereda dan dia berhasil merebut hati pemirsa dengan kemampuan akting yang mumpuni serta kepribadiannya yang baik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/soohyun_k216

Pada November tahun lalu, Kim Soo Hyun menyelesaikan drama barunya yang berjudul "One Ordinary Day". Remake dari serial populer "Criminal Justice" ini menuai sambutan positif karena Kim Soo Hyun sekali lagi menunjukkan akting yang luar biasa. Sejauh ini ia belum mengkonfirmasi proyek baru, jadi pastikan untuk memantau update beritanya di WowKeren ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait