Birthday Spotlight: Happy Wonho Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Wonho yang jatuh pada Selasa (1/3). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang solois mantan member Monsta X tersebut.

WowKeren - Wonho baru saja merayakan ulang tahun ke-29 (perhitungan umur internasional) pada Selasa (1/3). Kali ini Birthday Spotlight akan menemani membaca setia WowKeren dalam rangka mengupas tuntas perjalanan hidup sang idol berbakat tersebut.

Semula, Wonho dikenal sebagai visual boy grup asuhan Starship Entertainment, Monsta X. Namun, kini Wonho tengah menjajaki karier sebagai penyanyi solo yang cukup aktif merilis album.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier Wonho dari sebelum debut hingga menjadi salah satu idol yang kelat dengan imej seksinya tersebut.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Wonho lahir dengan nama Lee Ho Seok pada 1 Maret 1993 di Sanbon-dong, Gunpo, Korea Selatan. Wonho tumbuh dengan kedua orangtuanya dan seorang adik laki-laki.

Sejak sebelum debut, Wonho sudah terbiasa menjadi sorotan dengan menjadi ulzzang (semacam selebgram dengan wajah tampan dan penampilan menarik). Kala itu, ia dikenal dengan nama Shin Ho Seok dan bergabung dalam acara "Ulzzang Shidae Season 3" pada tahun 2010 sampai dengan 2011.

Selain terkenal di dunia maya sebagai ulzzang, Wonho tergabung dalam proyek predebut bernama Nu Boyz milik Starship Entertainment pada tahun 2014 bersama Shownu, Joohoney dan Gun. Pada Desember di tahun yang sama, mereka mengikuti program audisi Mnet dan Starship Entertainment "No Mercy" hingga terbentuklah Monsta X.

2. Debut


Debut

Wonho debut bersama Monsta X dengan album bertajuk "Trespass" pada 14 Mei 2015. Selama menjadi member boy grup tersebut, Wonho tak hanya dikenal sebagai vokalis sekaligus visual seksi dan mulai berpartisipasi menulis, menyusun, dan mengaransemen lagu di tahun-tahun setelahnya.

Awal debut Wonho bersama Monsta X terbilang menjanjikan di mana mereka aktif merilis EP "Rush" hanya tiga bulan setelah debut. Mereka juga sukses mencuri hati fans internasional dengan muncul di KCON 2015 yang digelar di Los Angeles.

Selain itu, Monsta X meraih beberapa penghargaan di tahun pertamanya. Penghargaan yang didapat antara lain, Next Generation Asian Artist Awards di MAMA 2015 dan 1theK Perfomance Awards di Melon Music Awards 2015.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Bersama dengan Monsta X, Wonho mendulang kesuksesannya. Selama empat tahun berkarier, setidaknya mereka sudah menggelar 2 kali tur dunia dan sejumlah konser yang selalu dipenuhi penggemar.

Monsta X mendapatkan trofi pertama di acara musik "The Show" dengan lagu "Dramarama" pada tahun 2017. Dengan demikian, kemenangan tersebut didapatkan dua tahun setelah debut. Lagu-lagu mereka seperti "All In", "Alligator", "Dramarama", hingga "Follow" di mana Wonho masih berada di grup juga telah menembus tangga lagu Korea Selatan yang punya persaingan ketat.

Pada tahun yang sama, Monsta X berhasil menembus Billboard dengan album "The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter" yang punya lagu andalan berjudul "Beautiful". Menandakan bahwa mereka semakin dikenal di kancah internasionaL

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sejak keluar dari Monsta X, Wonho aktif sebagai penyanyi solo. Wonho merilis album solo pertamanya, "Love Synonym Pt.1: Right for Me" pada 4 September 2020. Seiring dengan debut solonya, Wonho mendapat pujian karena menunjukkan musikalitas menyeluruh termasuk kemampuan vokal dan kebolehannya menulis lagu.

Wonho mengadakan konser solo pertamanya pada 27 September di tahun yang sama. Namun karena pandemi COVID-19, konser itu dilakukan dengan cara streaming. Tak lama setelahnya, Wonho melakukan comeback pertamanya.

2021 merupakan tahun cemerlang untuk Wonho sebagai seorang solois. Usai merilis album "Love Synonym Pt.2: Right for Us", ia menggelar konser keduanya pada 28 Maret 2021. Selain aktif merilis lagu, Wonho menandatangani kontrak dengan Intertwiine dalam kemitraan dengan BMG.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada Oktober 2019, muncul tuduhan Wonho menggunakan ganja dan berhutang pada mantan kekasihnya di hari-hari sebelum debut. Lantaran penggunaan ganja ilegal di Korea Selatan, tuduhan ini cukup serius dan membuat agensi mengambil langkah tegas ke ranah hukum. Akan tetapi kontroversi ini membuat Wonho meninggalkan Monsta X.

Pada Maret 2020, Starship Entertainment menyatakan bahwa Wonho telah dibebaskan dari semua tuduhan oleh Badan Kepolisian Metropolitan Seoul setelah penyelidikan diadakan menyusul serangkaian tuduhan yang ditujukan kepadanya termasuk penggunaan obat-obatan terlarang.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Wonho belum lama ini melakukan comebacknya, dengan album "Obsession" pada 16 Februari 2022. Dalam album ini, ia membawakan lagu andalan "Eye On You" yang mengusung genre EDM disertai MV intens.

Album terbaru Wonho menceritakan tentang kisah trauma dan cinta yang dibalut dengan sensualitas. Wonho sendiri mengaku ingin melampaui stereotype tertentu saatmerilis lagu ini.

Di masa yang akan datang, Wonho akan merilis lebih banyak lagu dan melanjutkan aktivitasnya sebagai solois. Selain merilis lagu, Wonho juga aktif berkomunikasi dengan para fans lewat Instagram dan konten-konten di media sosial lain.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru