Ajaib! Isyana Sarasvati Blak-blakan Ngaku Jadi Sarjana Padahal Tak Lulus SMA
Instagram/isyanasarasvati
Selebriti

Isyana Sarasvati menceritakan kisah menarik seputar pendidikannya yang tak banyak diketahui orang. Karena hal ini, Isyana mengaku bisa berkuliah tanpa menamatkan pendidikan SMA-nya.

WowKeren - Isyana Sarasvati punya kisah menarik tentang pendidikannya di masa lalu. Siapa sangka jika pelantun "Tetap Dalam Jiwa" ini tidak pernah menyelesaikan pendidikannya di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas).

Namun menariknya, Isyana justru memiliki gelar diploma di salah satu universitas Singapura. Kok bisa?

Rupanya hal itu semua bermula dari kesibukan Isyana Sarasvati dalam bermusik. Ketika duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama), Isyana sudah meraih berbagai prestasi di bidang musik. Mulai jadi juara electone se-Indonesia hingga tampil di Java Jazz di usianya yang masih sangat muda.

Minat dan bakat bermusik Isyana ini memang sudah terlihat sejak kecil. Pasalnya sang ibunda sudah mengenalkan Isyana dengan musik sejak sang penyanyi berada di dalam kandungan.

Segudang prestasi inilah ternyata menjadi keuntungan bagi Isyana. Ia tak perlu menyelesaikan pendidikan SMA tapi bisa langsung lanjut ke bangku perkuliahan.


"Aku dari SMP langsung S1," ujar Isyana di kanal YouTube "Tonight Show" beberapa waktu lalu.

Hal tersebut langsung mengundang tanya bagi kedua host "Tonight Show", Vincent Rompies dan Desta. "Kok bisa?" tanya Desta.

Rupanya pada tahun 2016, saat Isyana baru kelas 2 SMA, ia mendapat beasiswa dari pemerintah Singapura untuk melanjutkan pendidikannya di Nanyang Academy of Fine Arts dengan jurusan Pertunjukan Musik. "Aku tuh bisa dibilang lumayan beruntung, karena di zaman ku ada fast track," jelas Isyana.

Fast track sendiri atau yang lebih dikenal dengan akselerasi merupakan percepatan perkuliahan yang memungkinkan seseorang bisa menyelesaikan studi S1 dan S2 sekaligus dalam jangka waktu lima tahun.

Di tahun terakhir studinya di Singapura, Isyana Sarasvati kembali menerima Beasiswa RCM Excellence Award dari The Royal College of Music, London, di bawah Bachelor of Music dengan Honours Funded Degree Programee. Tak sampai di situ, Isyana juga berhasil menyelesaikan pendidikannya di Royal College of Music dengan predikat cumlaude.

"Aku dapat beasiswa itu sampai S1 aku selesai," papar Isyana saat ditanya Desta tentang jangka beasiswa yang akan ia terima.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait