Alami Cyberbullying, Warga Rusia di Singapura Tetap Upayakan Bantuan untuk Ukraina
Dunia

WN Rusia di Singapura mengungkap tanggapan mengenai dampak yang mereka rasakan atas serangan invasi ke Ukraina. Mereka yang tak setuju dengan aksi itu pun berupaya membantu Ukraina.

WowKeren - Warga Rusia yang tinggal di luar negeri nyatanya juga ikut merasakan imbas kebencian terhadap negara mereka atas keputusan Presiden Vladimir melakukan invasi ke Ukraina. Pesan kebencian dan cyberbullying mulai menghantui warga Rusia.

Diskriminasi terhadap orang Rusia di Eropa telah meningkat sejak perang dimulai menurut Washington Post. Di Republik Ceko, khususnya, toko-toko telah menyatakan secara langsung bahwa mereka menolak untuk melayani pelanggan Rusia atau Belarusia. Sementara pengguna media sosial menyarankan agar orang Rusia "ditandai" dengan bintang merah.

Kekhawatiran serupa juga dirasakan oleh orang Rusia yang tinggal di Singapura. Meskipun kasus diskriminasi jarang terjadi.

"Saya pikir di Singapura, dan hanya di APAC secara lebih luas … Anda hanya akan dilihat sebagai (hanya) ekspatriat. Anda tidak akan memiliki diferensiasi itu. Tapi di Eropa, pasti ada lebih banyak jenis, katakanlah penghakiman terhadap Rusia … Jadi ya, saya pikir Singapura mungkin salah satu tempat yang lebih baik, saya jamin," ungkap Olga.

Olga adalah konsultan manajemen aset berusia 29 tahun yang telah tinggal di Singapura selama lebih dari setahun. Lahir dari ayah Ukraina dan ibu Rusia, perang saat ini di Ukraina adalah masalah yang dekat dengan hatinya. Hubungan berbatu antara kedua negara adalah topik yang bukan hal baru baginya.

"Saya telah menyadari fakta bahwa ada hubungan yang cukup tegang antara kedua negara untuk sementara waktu sekarang," kata Olga.

Meskipun Olga setengah Ukraina, kewarganegaraannya sebagai orang Rusia selalu menjadi faktor utama yang menghasilkan hal negatif terhadapnya. Itu juga menyebabkan hubungannya dengan sahabatnya yang seorang Ukraina, memburuk.


Ini tidak berarti bahwa diskriminasi terhadap orang Rusia tidak ada di sini di Singapura. Katerina adalah pendiri Unique Singapore, sebuah inisiatif komunitas lokal yang menghubungkan pelancong dan ekspatriat berbahasa Rusia. Dia berbagi bahwa pesan kebencian dikirim ke teman-temannya, bahkan ke entitas bisnis Singapura yang memiliki hubungan dengan Rusia, seperti komunitas yang membantu perayaan Natal Ortodoks.

Meskipun ada orang Rusia yang berbasis di luar negeri yang apatis terhadap perang, ada juga banyak yang mengambil inisiatif untuk menyebarkan kesadaran dan membantu mereka yang terkena dampak.

Svetlana, seorang profesional keuangan dan TI berusia 32 tahun yang telah tinggal di Singapura sejak 2019, percaya bahwa cara terbaik yang bisa dia bantu di sini di Singapura adalah dengan menyebarkan kesadaran tentang dampak perang yang menghancurkan di kedua belah pihak melalui akun Instagram dan dari mulut ke mulut. Svetlana dan suaminya juga telah menyumbangkan sejumlah uang untuk bantuan kemanusiaan Palang Merah Singapura di Ukraina.

Olga juga melakukan bagiannya untuk membantu. Pada bulan Januari, dia bertemu Anastasiya, seorang Ukraina yang saat ini tinggal di Singapura, melalui salah satu temannya di sini. Ketika perang meletus, mereka terhubung lebih dalam melalui percakapan tentang apa artinya berada di kedua sisi perang.

"Meskipun sangat membantu untuk membicarakan ini (perang) dengan teman-teman internasional kami, itu masih datang dengan cara yang berbeda ketika Anda berbicara dengan seseorang yang benar-benar mengenal negara itu, yang berasal dari sana dan berakar di sana. Saya pikir topik ini, situasi seperti ini, telah menjadi dasar kami memperdalam komunikasi kami, ”jelas Olga.

Duo ini memutuskan pada 13 Maret untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kesadaran dan dana bagi mereka yang terkena dampak perang di Ukraina. Mereka datang dengan beberapa ide unik untuk melibatkan orang-orang di Singapura yang mungkin sedikit lebih apatis terhadap perang.

"Saya pikir kita harus terus mencari cara dan inisiatif untuk menyatukan orang-orang. Mereka yang ingin hidup damai akan berkumpul," pungkas Olga.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru