Sosok Ini Kuliti Masa Lalu Ustaz Yusuf Mansur yang Pernah Dipenjara, Karena Masalah Apa?
Selebriti

Ustaz Yusuf Mansur terang-terangan mengaku pernah dipenjara sekitar tahun 1999 silam. Dari situlah, ia mengaku dapat banyak pelajaran mengenai pentingnya bersedekah.

WowKeren - Ustaz Yusuf Mansur mengenang masa-masa saat dirinya pernah dipenjara karena sebuah kasus. Cerita Yusuf Mansur ini sontak membuat Rhenald Kasali selaku pakar keuangan penasaran. Ia penasaran, bagaimana bisa seorang mantan napi bisa berubah menjadi ustaz.

"Gimana ceritanya bisa jadi ustaz karena dulu ceritanya pernah masuk penjara?" tanya Rhenald saat mewawancarai Ustaz Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur kemudian menjawabnya dengan mengatakan karena bersedekah ia bisa berubah. "Giving is changing, bahwa sedekah itu ya adalah perubahan. Jadi kalau anda bersedekah maka anda akan berubah," jawab Yusuf Mansur.

Berawal dari keadaannya yang terpuruk pada saat itu, Yusuf Mansur banyak belajar tentang berkah sedekah. "Waktu itu kan saya dipenjara Pak Rhenald," kata Ustaz Yusuf Mansur mengawali obrolan.

Namun, mendadak Rhenald Kasali menyela, "Ntar dulu, dipenjara karena apa nih?" tanyanya. "Karena bisnis," sahut ayah Wirda Mansur ini.

Lantaran belum puas dengan jawaban yang diberikan oleh Yusuf Mansur, Rhenald kembali mencecar sang dai. "Nipu orang? Pokoknya ada masalah?" tanyanya lagi. "Ya adalah pokoknya. Sebenarnya saya sudah pengin ngelupain nih tapi disuruh ingat-ingat lagi," terang Yusuf Mansur.


Yusuf Mansur lantas melanjutkan ceritanya mengenai keajaiban bersedekah. Kala itu, ia mengaku memberikan sepotong roti kepada sekumpulan semut di penjara. Tak hanya itu, Yusuf Mansur juga sempat berdialog pada semut-semut tersebut.

Kebetulan saat itu para tahanan yang lain sudah terlelap. "Mut Tuhan lu kan sama ma gue Allah supaya gue ini ma teman-teman (tahanan) lain dapat makanan," ujarnya mengenang.

"Kayaknya tuh semut pada mengangguk sih hahaha. Lalu saya balik dan menghadap ke tembok, saya seperti seseorang yang lagi bagus sekali imannya saya bilang, ‘Kayaknya sebentar lagi datang nih nasi,’ eh bener pintu saya diketuk," imbuh Yusuf Mansur.

Rupanya yang datang adalah seorang polisi yang berjaga dan menawarkan makanan pada Yusuf Mansur serta tahanan lainnya. Hal itulah yang dijadikan Yusuf pelajaran sampai saat ini. "Itu pelajaran pertama, gara-gara semut mendoakan itu. Baru kasih roti sepotong apalagi satu, bisa dapat restorannya itu," terangnya.

Pun setelah bebas dari penjara, Ustaz Yusuf Mansur berjanji kepada kedua orangtuanya untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Bermodalkan pelajaran yang selama ini didapatnya dari penjara.

"Tiga hari setelah keluar dari penjara, saya mencoba menunjukkan sama orangtua saya kalau saya akan menjadi The New Yusuf Mansur," pungkas Yusuf Mansur. "Saya tidak mau lagi main proyek, main harta yang haram. Saya coba dagang di Terminal Kalideres."

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait