Film Disney 'Lightyear' Dilarang Tayang Di 14 Negara Akibat Adegan LGBT
Instagram/pixarslightyear
Film

Film animasi Disney 'Lightyear' resmi dilarang tayang di 14 negara di Asia salah satunya adalah Indonesia. Larangan itu muncul usai didapati adegan intim sesama jenis.

WowKeren - Film animasi Disney berjudul "Lightyear" yang dijadwalkan tayang pada hari ini, 15 Juni 2022 diketahui dilarang tayang. Hal itu lantaran dalam film tersebut dikabarkan terdapat adegan LGBT atau percintaan sesama jenis.

Menurut laporan, film tersebut akan menampilkan ciuman sesama jenis. Karena itu, film Disney adaptasi "Toy Story" itu dilarang tayang di bioskop.

Tak cuman Indonesia, beberapa negara di Asia kabarnya juga menerapkan aturan yang sama. Total 14 negara di Asia telah melarang film "Lightyear" tayang di negara mereka.

Uni Emirat Arab adalah salah satu negara yang melarang penayangan film tersebut. Juru bicara Uni Emirat Arab mengklaim konten yang ditayangkan "Lightyear" tak sesuai dengan regulasi negara mereka yang mayoritas penduduknya Muslim.


Sementara Indonesia sempat melakukan penawaran dengan Disney. Indonesia meminta "Lightyear" diberi rate usia 13+, namun Disney menolak.

Indonesia sempat meminta versi re-cut namun Disney tak menawarkannya. Sebaliknya, Disney meminta "Lightyear" ditayangkan sebagaimana versi aslinya di semua pasar perfilman. Sementara, Kepala Badan Sensor Indonesia yang diawasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rommy Fibri Hardiyanto menyebut adegan ciuman di film "Lightyear" masih dianggap sensitif.

Malaysia juga melarang film "Lightyear" tayang di negara mereka. Pejabat setempat menyebut film tersebut tidak pantas dikonsumsi oleh anak-anak.

"Tidak pantas menampilkan dua adegan itu, dan tidak pantas ditonton oleh anak-anak," kat pejabat terkait kepada AFP.

Akibat Disney menolak merilis versi re-cut, 14 negara resmi menolak penayangan film tersebut. 11 diantara 14 negara itu adalah Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon dan Oman. Palestina, Qatar, Arab Saudi, dan Suriah juga melarang penayangan film tersebut.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru