Cerita Jemaah 23 Tahun Asal Indonesia yang Asyik Nge-Game di Sela Ibadah Haji
Unsplash/Untung Bekti Nugroho
Nasional
Haji 2022

Pemuda berusia 23 tahun bernama Mada Agung berangkat haji tahun ini untuk menggantikan ayahnya yang telah meninggal dunia karena COVID-19 di tahun 2021 lalu.

WowKeren - Ribuan jemaah haji Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Beragam cerita unik dibawa oleh para jemaah haji, salah satunya pemuda berusia 23 tahun bernama Mada Agung.

Mada tampak asyik bermain ponsel di lorong hotel kala jemaah lain berlalu lalang untuk menuju Masjidil Haram. Kala ditanya sedang bermain apa, Mada menjawab tengah memainkan game online Magic Chess.

Diketahui, Mada berangkat haji untuk menggantikan ayahnya yang telah meninggal dunia karena COVID-19 di tahun 2021 lalu. Ibu Mada yang juga naik haji tahun ini memintanya berangkat menggantikan sang ayah lantaran kakak Mada sudah berkeluarga.

"Senang sekali, Alhamdulillah," ujar Mada kepada Media Center Haji (MCH) di Hotel Safwat Albayt, Mahbas Jin, pada Kamis (16/6).

Game merupakan candu bagi Mada yang sudah terbiasa main di warung internet alias warnet sejak SD. Tak hanya Magic Chess, mahasiswa tingkat akhir Universitas Bojonegoro tersebut juga terbiasa bermain PUBG dan Mobile Legend.



"Biar enggak stress," katanya.

Di sela ibadah haji, Mada memainkan game online setelah salat subuh hingga zuhur. Sedangkan proses ibadahnya, ia mengaku mengikuti arahan pembimbing ibadah soal urutan ibadah hingga doa.

"Aku manut ae (nurut saja)," tuturnya. Pemuda itu mengaku optimis kala ditanya soal haji yang mabrur.

Di sisi lain, ada juga jemaah haji Indonesia yang harus berurusan dengan kepolisian Saudi. Para jemaah haji tersebut ditangkap karena foto dan membentangkan poster saat berada di Saudi.

Meski demikian, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief, menjelaskan bahwa para jemaah haji yang tertangkap itu kini sudah dibebaskan kembali. "Ada. Ada beberapa dan sudah bebas," katanya di Makassar, Kamis (16/6).

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts