Bintang Emon Simulasikan RKUHP Hina Pemerintah, Beri Saran Pedas Soal Jaga Nama Baik
Instagram/bintangemon
Selebriti

Terkait RKUHP Hina Pemerintah yang menjadi sorotan masyarakat, Bintang Emon memberikan kritikan lewat akun media sosialnya. Dalam video tersebut, komika ini juga menyampaikan saran.

WowKeren - Biasa mengkritik Pemerintah dengan cara jenaka, Bintang Emon kembali beraksi. Kali ini, komika yang bakal segera melepas masa lajangnya itu menyoroti soal Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) Hina Pemerintah.

Sebagai informasi, RKUHP Hina Pemerintah saat ini sedang ramai diperbincangkan. Aturan tersebut menyebutkan bahwa penghina pemerintah diancam hukuman penjara tiga tahun dan penyebarnya empat tahun.

Melalui postingan di Instagram, Bintang Emon membagikan video simulasi apabila RKUHP Hina Pemerintah disahkan. Meski mengkritik, komika itu punya poin yang disetujui.

"Gue setuju dengan pasal ini kalau yang dilakukan adalah penghinaan semua sepakat kalau itu penghinaan. Kayak 'Jaksa tuh *****, lembaga negara tuh *****.' Tapi kan bentuk tersinggung orang beda-beda," kata Bintang Emon dalam video yang diunggah pada Sabtu (18/6). "Setiap orang bisa tersinggung terhadap apapun berdasarkan perasaannya."

Kemudian Bintang Emon mempraktikkan bagaimana kadar sensitivitas orang berbeda-beda. Contohnya, Emon sebagai "rakyat" dianggap menghina Emon "lembaga" hanya karena diperhatian.


Selain itu, Bintang Emon juga menyoroti bunyi pasal dari RKUHP Hina Pemerintah. "Terus bunyi pasalnya juga nggak jelas. Bisa aja buat kita kritikan, tapi buat mereka penghinaan," imbuh Bintang Emon.

Komika itu lantas mensimulasikan ketika seseorang tidak terima dikritik dan menganggapnya sebagai bentuk hinaan. Padahal selama ini ada yang namanya kritik membangun.

Bintang Emon Simulasikan RKUHP Hina Pemerintah, Beri Saran Pedas Soal Jaga Nama Baik

Source: Instagram

"Setau gua undang-undang apapun dibuat untuk kepentingan rakyat. Nah pasal ini tuh untuk kepentingan rakyat atau kepentingan wakil rakyat?" lanjutnya.

Selain mempertanyakan untuk kepentingan siapa RKUHP Hina Pemerintah ini, Bintang Emon tak lupa menyampaikan saran. Rupanya masukan Bintang Emon terkait soal menjaga nama baik cukup pedas.

"Kalau emang tujuannya untuk menjaga nama baik, saran saya Pak, fokusnya jangan di menjaga, tapi di nama baiknya dulu. Yakin banget namanya udah baik sampai harus dijaga?" tutup Bintang Emon.

Tak ayal, postingan Bintang Emon ramai komentar netter. Selain setuju dengan apa yang diungkapkan sang komika, netter memintanya untuk menjaga diri usai melayangkan kritik pada pemerintah.

(wk/inta)


You can share this post!

Related Posts