Lokasi Pertemuan Jokowi Dengan Presiden Zelenskyy di Ukraina Terungkap, Jauh Dari Medan Perang?
BPMI Setpres
Nasional
Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia

Kunjungan Jokowi dilakukan kala Ukraina masih terlibat konflik dan perang dengan Rusia sehingga memerlukan pengamanan ketat. Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

WowKeren - Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy. Kunjungan Jokowi dilakukan kala Ukraina masih terlibat konflik dan perang dengan Rusia sehingga memerlukan pengamanan ketat. Lantas, seberapa jauh lokasi pertemuan Jokowi dan Zelenskyy dengan medan perang?

Menurut Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo, Jokowi akan menemui Zelenskyy di ibu kota Ukraina, Kyiv. Adapun wilayah tersebut berjarak sekitar 380 kilometer.

"Kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan (di Donetsk) itu adalah 380 kilometer dari Kyiv," ungkap Tri dilansir CNN Indonesia, Kamis (23/6). "Itu yang sudah kita antisipasi. Sementara mereka (Rusia) masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja."

Menurut Tri, lokasi pertemuan Jokowi dan Zelenskyy jauh dari lokasi perang dan cenderung aman. Meski begitu, pengamanan untuk Jokowi tidak boleh kendor.



Ia memastikan bahwa Jokowi akan dikawal oleh 39 personel khusus dari berbagai matra. Mulai dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Detasemen Jalamangkara (Denjaka), hingga Korps Pasukan Khas (Paskhas).

Mereka akan dilengkapi oleh senjata laras panjang dan pasokan peluru. Para personel itu disebutnya telah melakukan latihan sebelum perjalanan.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau (Jokowi) itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," paparnya.

Sebagai informasi, Jokowi akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26-28 Juni 2022 mendatang. Setelah itu, ia akan pergi ke Polandia.

Dari sana, Jokowi akan naik kereta menuju Kyiv, Ukraina dan bertemu dengan Presiden Zelenskyy. Selain itu, Jokowi juga akan mampir ke Moskow, Rusia, untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts