Pro dan Kontra Teknik Mengajar Asyik
TikTok/kalinggabdt
Selebriti

Stigma 'killer' kerap kali membayangi para guru Matematika dan Fisika. Namun, hal ini tak berlaku bagi Kalingga Apriliya. Metode belajar asyiknya justru membuat para siswa jatuh cinta, lho. Bagaimana bisa?

WowKeren - Menurut Kalingga, teknik mengajar seperti yang sudah disebutkan sebelumnya memang tak bisa diterapkan oleh semua orang. Pasalnya, ada beberapa orang yang susah mengatur dan kehilangan kontrol saat di kelas. Kalingga pun mengaku sering kali mendapat beberapa komentar kontra terhadap cara mengajarnya.

"Risiko yang aku alami akan terus mendengar keberisikan mereka. Bagi yang enggak terbiasa, akan susah mengatur kelas. Kelemahannya di situ. Kalau komentar kontranya, 'Bu Lingga wibawanya hilang', 'metodenya bikin siswa santai', 'enggak punya kontrol kelas'. Tapi, aku menganggap mereka mengingatkan supaya jangan sampai kebablasan," beber Kalingga. "Ada satu komentar yang aku ingat, 'kita enggak pernah tahu dia selebihnya mengajar dengan metode yang seperti apa, karena pada hakikatnya guru itu adalah sarana belajar bersama, bukan individu yang serba tahu'. Itu komentar paling netral yang pernah ada. Karena dari satu kalimat itu, ada dukungan, evaluasi dan kritik."

Beberapa kritik yang didapatkan inilah yang membantu Kalingga untuk terus mengevaluasi cara mengajarnya. Saat para siswa sudah bertingkah kelewatan, ia pun memilih untuk mengingatkan dengan ekspresi yang tenang namun serius dibandingkan menggunakan bentakan. Karena itulah, para siswa masih sangat menghormati Kalingga meskipun sudah cukup akrab dengannya.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru