Italia Alami Kekeringan Parah, Air Mancur Kota Milan Sampai Harus Dimatikan
AFP/Luca Bruno
Dunia

Italia mengalami gelombang panas yang intens dan berkepanjangan dengan suhu yang diperkirakan akan melampaui 40C di beberapa bagian negara itu pada akhir pekan.

WowKeren - Air mancur adalah salah satu dekorasi yang banyak dijumpai di kota-kota besar. Namun di Milan, air mancur kota akan dimatikan ketika muncul peringatan penjatahan air siang hari. Peringatan itu dikeluarkan ketika Italia sedang berjuang untuk melawan salah satu masalah kekeringan terburuk dalam beberapa dekade.

Langkah itu menargetkan sekitar setengah dari 100 air mancur dekoratif kota itu, dengan steker sudah ditarik beberapa selama akhir pekan dan sisanya akan dimatikan dalam beberapa hari mendatang. Tindakan ini dilakukan setelah sebelumnya wilayah Lombardy mengumumkan keadaan darurat.

Namun, ada perkecualian. Air mancur yang menampung ikan dan tanaman boleh tetap menyala, seperti juga air mancur minum. Selain mematikan air mancur kota, pemerintah setempat juga mendesak orang-orang untuk mengurangi penggunaan air di rumah sebanyak mungkin.

Untuk menghemat energi, penduduk dan pemilik bisnis diminta menyetel unit AC mereka di bawah 26C untuk menghemat energi. Pekan lalu, sejumlah wilayah di kota itu mengalami pemadaman listrik yang diyakini sebagai akibat lonjakan penggunaan AC di tengah suhu tinggi.


Italia mengalami gelombang panas yang intens dan berkepanjangan dengan suhu yang diperkirakan akan melampaui 40C di beberapa bagian negara itu pada akhir pekan. "Kami harus mengambil tindakan dan kami percaya bahwa itu benar untuk melakukan bagian kami," kata Beppe Sala, walikota Milan.

Sungai Po yang ada di wilayah Italia utara yang mengalami kekeringan keras, telah mengering. Mengeringnya jalur air terpanjang di Italia itu menyebabkan malapetaka pada segala hal mulai dari pertanian dan pembangkit listrik tenaga air hingga pasokan air minum.

Kekeringan juga menyebar ke Sungai Arno di Tuscany dan Tiber dan Aniene, keduanya di Lazio, dan merusak beberapa danau, termasuk di selatan. Fabrizio Curcio, kepala departemen perlindungan sipil Italia, mengatakan keadaan darurat diperkirakan akan diumumkan di daerah lain ketika pemerintah menetapkan tindakan anti-kekeringan.

Adapun tindakan anti kekeringan yang dimaksud yakni mencakup penjatahan air siang hari di beberapa daerah. Di beberapa kota utara, pembatasan penggunaan air pada malam hari sudah diterapkan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait