Presiden Xi Jinping Tiba di Hong Kong Jelang Perayaan 25 Tahun Kembalinya ke Kedaulatan Tiongkok
AFP/Noel Celis
Dunia

Setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai kembalinya Hong Kong ke kedaulatan Tiongkok dari Inggris. Presiden Tiongkok Xi Jinping pun telah tiba di Hong Kong untuk merayakan peringatan tersebut.

WowKeren - Presiden Xi Jinping diketahui telah tiba di Hong Kong dengan kereta api berkecepatan tinggi menjelang perayaan untuk memperingati 25 tahun kembalinya kota tersebut ke kedaulatan Tiongkok dari Inggris. Adapun perayaan tersebut diperingati setiap tahunnya pada 1 Juli.

Melansir Al Jazeera, pada perayaan tahun 2022 ini, akan mencangkup pengambilan sumpah pemimpin baru kota tersebut yakni John Lee sebagai Kepala Eksekutif. Di samping itu, kedatangan Xi itu dilaporkan sebagai perjalanan pertama di luar daratan Tiongkok sejak pandemi COVID-19, dimulai dan perjalanan pertamanya ke Hong Kong sejak 2017.

Selain itu, juga terjadi setelah demonstrasi besar-besaran dan protes pro-demokrasi melanda kota itu pada 2019. Terkait dengan apakah Xi akan menghadiri upacara secara langsung pada Jumat (1/7) besok, masih diperdebatkan oleh media Hong Kong.


Hal itu dikarenakan dalam beberapa pekan terakhir karena kebangkitan baru-baru ini dalam kasus COVID-19. Sebagaimana diketahui, Tiongkok dan Hong Kong telah memberlakukan beberapa aturan paling ketat di dunia terhadap penyakit ini sementara daratan terus mengejar kebijakan "dinamis COVID nol".

"Dalam periode terakhir, Hong Kong telah mengalami lebih dari satu ujian berat, dan mengatasi lebih dari satu risiko dan tantangan," ujar Xi setelah kedatangannya, dilansir melalui Al Jazeera, Kamis (30/6). "Setelah badai, Hong Kong telah terlahir kembali dari api dan muncul dengan vitalitas yang kuat."

Sementara itu, ribuan peserta yang mengambil bagian dalam kegiatan resmi pada Jumat (1/7) besok, telah diminta untuk dikarantina di hotel sebelumnya dan harus menjalani tes nukleat harian. Tak hanya itu, sebagian besar media lokal dan internasional Hong Kong, sebaliknya, tidak akan hadir setelah mereka ditolak akreditasi, menurut Asosiasi Jurnalis Hong Kong.

Sebagai informasi, sebelum kedatangan Xi di Hong Kong, keamanan diperketat di stasiun West Kowloon serta di dekat kantor pusat pemerintah lokal Hong Kong dan tempat upacara pengibaran bendera pada hari Jumat di sebelah Pelabuhan Victoria. Nantinya, mantan sekretaris keamanan Lee akan menggantikan Kepala Eksekutif Carrie Lam yang akan keluar.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts