Singapura Setujui Impor Ayam Dari Indonesia Usai Terdampak Larangan Ekspor Malaysia
Unsplash/JK Sloan
Dunia

Singapura sebelumnya diketahui sempat bingung mencari pemasok ayam setelah Malaysia menerapkan kebijakan larangan ekspor. Singapura pun saat itu mempertimbangkan mengimpor ayam dari Indonesia.

WowKeren - Singapura sebelumnya masih mempertimbangkan untuk mengimpor ayam dari Indonesia. Hal ini dilakukan Singapura lantaran terdampak kebijakan larangan ekspor ayam yang dilakukan oleh Malaysia.

Namun kini, Singapore Food Agency (SFA) telah meyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam bagi Singapura. Menurut rilis media SFA pada Kamis (30/6), kisaran ayam yang diimpor nantinya termasuk daging ayam beku, dingin dan panas diproses dan produk daging ayam.

Meski begitu, ayam yang bisa diimpor hanya dari perusahaan yang terakreditasi SFA. Melansir mothership, sejauh ini ada tiga perusahaan di Indonesia yang telah disetujui yakni PT. Charoen Pokphan Indonesia-Divisi Makanan untuk ayam dan potongan daging beku, PT. Ciomas Adisatwa-Menanam Pemalang untuk ayam beku dan potongan, serta PT. Charoen Pokphand Indonesia, TBK untuk produk dagung ayam olahan panas.


Sementara itu, dalam unggahan di Facebook, SFA mengatakan sumber ekspor ayam berasal dari perusahaan individu dan peternakan yang telah dievaluasi dengan "penilaian akreditasi melibatkan evaluasi dokumenter terperinci dan audit di tempat untuk verifikasi".

Sebelumnya, SFA diberitakan bahwa timnya telah dikerahkan untuk memeriksa beberapa peternakan, rumah potong hewan dan fasilitas pengolahan di Indonesia. Adapun sumber yang ditemukan dilengkapi dengan sistem, proses, dan kemampuan yang diperlukan untuk memasok ayam yang dapat memenuhi standar keamanan pangan dan kesehatan hewan Singapura akan menerima persetujuan dan akreditasi SFA.

Selanjutnya, ayam bisa diekspor dari sumber terakreditasi SFA ini, dan agensi akan memeriksa dan mengambil sampel pengiriman ekspor ini. Dengan begitu, Indonesia kini akan masuk dalam daftar lebih dari 20 negara yang telah disetujui untuk mengekspor ayam ke Singapura.

"Memiliki sumber baru untuk impor daging ayam beku, dingin, daging ayam olahan panas dan produk daging ayam merupakan langkah maju dalam upaya SFA menuju diversifikasi sumber pasokan makanan dan meningkatkan ketahanan pasokan makanan Singapura," bunyi pernyataan SFA dilansir melalui mothership, Kamis (30/6).

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts