Iran Setidaknya Dilanda 3 Kali Gempa Bumi, Berkekuatan Hingga 6,3 Magnitudo
AP Photo/Ebrahim Nooroozi
Dunia

Bencana alam gempa bumi melanda Iran pada Sabtu (2/7) dini hari. Gempa ini tampaknya tidak hanya berlangsung selama sekali tapi tiga kali dengan kekuatan lebih dari 6 magnitudo.

WowKeren - Iran dilanda bencana alam gempa bumi setidaknya tiga kali berkekuatan lebih dari 6 magnitudo. Gempa ini diketahui melanda enam provinsi Hormozgan di Iran Selatan. Akibatnya, setidaknya lima orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Melansir Al Jazeera, dua dari tiga gempa yang melanda Iran itu tercatat berkekuatan 6,3 magnitudo. Akan tetapi semua korban bencana alam itu diduga akibat dari gempa yang berkekuatan 6,1 magnitudo, awal pada kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan yang melanda pada dini hari Sabtu (2/7).

"Semua korban tewas dalam gempa pertama dan tidak ada yang terluka dalam dua gempa hebat berikutnya karena orang-orang sudah berada di luar rumah mereka," ujar pejabat lokal Foad Moradzadeh seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA, dilihat melalui Al Jazeera, Sabtu (2/7).

Setelah gempa tersebut, pejabat setempat mengatakan kemudian sedikitnya 30 gempa susulan terasa di desa-desa dan kota-kota dekat Bandar Abbas. Selain itu, menurut pejabat gempa tersebut juga dirasakan di negara tetangga Uni Emirat Arab.


Dampak dari gempa tersebut membuat ribuan orang ke jalan-jalan, di mana mereka menghabiskan sisa malam tersebut. Di sisi lain, masih banyak orang yang memilih untuk tinggal di tenda-tenda yang telah didirikan oleh otoritas setempat dan layanan darurat.

Sementara itu, Yaqoub Soleimani selaku Sekretaris Jenderal Layanan Bantuan Darurat Bulan Sabit Merah setempat mengatakan kepada media pemerintah Iran bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah selesai dan diperkirakan tidak ada lagi korban.

Lebih lanjut, Soleimani mengatakan bahwa saat ini pihaknya menyiapkan sistem pendingin bagi mereka yang terkena dampak gempa merupakan tantangan karena suhu lokal mencapai setinggi 45 derajat Celcius.

Sementara berdasarkan video di media sosial dan yang ditayangkan oleh televisi pemerintah menunjukkan rumah-rumah hancur di beberapa desa. Lalu puluhan desa juga sempat kehilangan listrik.

Termasuk juga provinsi selatan Iran yang baru-baru ini mengalami beberapa gempa bumi kuat, tetapi korban dan kerusakan terbatas. TV pemerintah pun mengatakan 150 gempa dan getaran telah melanda Hormozgan barat selama sebulan terakhir.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts